Teknologi

5 Fitur Baru iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, Tak Ada Tombol “Silent”

MACANBOLA.NEWS – Ada 5 fitur baru hadir iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max resmi dirilis Apple lewat ajang Apple Event 2023, yang digelar dini hari tadi, Rabu (13/9/2023). iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dirilis berbarengan dengan iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan fitur dari dua model versi “Pro” pendahulunya. Lantas, apa saja yang baru di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max?

Fitur baru di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

1. Action Button

Secara tampilan, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max mirip dengan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Panel layarnya sama, poninya juga sama menggunakan model Dynamic Island. Di bagian punggung, susunan kamera belakangnya pun sama.

Meski secara umum sama, terdapat satu pembaruan yang membedakan antara iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dengan dua model pendahulunya, yakni tidak lagi tombol atau saklar “Silent”.

Untuk diketahui, tombol “Silent” berguna untuk mengalihkan iPhone secara cepat dari mode dering ke mode hening dan sebaliknya. Tombol itu kini tak tersedia lagi di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Sebagai gantinya, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max telah dibekali dengan tombol baru bernama “Action Button”. Tombol itu memungkinkan pengguna untuk memilih jenis tindakan cepat yang ingin diakses.

Jadi, lewat “Action Button”, pengguna tidak hanya bisa mengalihkan iPhone dari mode dering ke mode hening, tetapi bisa memilih beberapa tindakan cepat lain, seperti membuka kamera, menyalakan lampu Flash, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   Smartphone Lipat Tecno Phantom Segera Hadir Di Indonesia!

2. Kamera

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max menggunakan tiga konfigurasi kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.78), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 12 MP (f/2.8).

Konfigurasi kamera dari iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max itu juga bisa dibilang mirip dengan iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Meski mirip, terdapat satu peningkatan yang cukup signifikan terutama pada iPhone 15 Pro Max.

Kamera telefoto iPhone 15 Pro Max menjadi kamera dengan kemampuan perbesaran optik (optical zoom) terjauh di jajaran iPhone. Kamera iPhone 15 Pro Max memungkinkan untuk optical zoom hingga 5 kali (optical zoom 5x).

Dengan kemampuan itu, kamera iPhone 15 Pro Max dapat memotret objek yang lebih jauh dibanding iPhone lainnya.

3. Spatial Video

Masih di bagian kamera, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bakal ketambahan fitur Spatial Video yang memungkinkan pengguna untuk membuat atau merekam video dalam tiga dimensi, yang bisa diputar di Apple Vision Pro.

4. Chipset

Fitur baru di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Max yang berikutnya tak lain dan tak bukan ada pada sektor chipset. Kedua model iPhone terbaru versi “Pro” tersebut dibekali dengan chipset teranyar Apple, yakni Apple A17 Pro.

Dikutip dari laman resmi Apple, A17 Pro diklaim memiliki CPU yang 10 persen lebih cepat, Neural Engine dua kali lebih cepat, dan GPU yang 20 persen lebih cepat dari chipset sebelumnya.

A17 Pro juga menyertakan decoder AV1 yang memungkinkan pengguna untuk menonton video berkualitas tinggi pada layanan streaming. Selain itu, chipset tersebut juga dibekali pengontrol USB baru.

Baca Juga :   Tablet Murah Redmi Pad SE Bakal Masuk Indonesia 5 September, Ini Bocoran Spesifikasinya

Pengontrol tersebut memungkinkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max untuk melakukan transfer data dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi pada USB 3 dan dapat menyalurkan output video hingga resolusi 4K.

5. USB C

Kelima, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max telah dibekali dengan port USB C untuk pengisian daya dan transfer data. Jajaran iPhone 15, termasuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, resmi menanggalkan port Lightning.

Penggunaan USB C pada membuatnya lebih fleksibel dalam mengisi daya atau transfer data. Kedua model ponsel tersebut bisa memakai kabel USB C yang sama seperti digunakan di iPad, Macbook, dan AirPods Pro.

Penggunaan port USB C juga membawa peningkatan pada kecepatan transfer data. Kecepatan transfer data hingga 10 gigabit per detik melalui sambungan USB 3.

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *