Kesehatan

5 Tip Sarapan untuk Penderita Diabetes agar Gula Darah Stabil

MACANBOLA.NEWS – Sarapan adalah waktu yang penting bagi penderita diabetes untuk memulai hari dengan energi yang stabil dan kadar gula darah terkendali.

Untuk mencegah lonjakan kadar gula darah, penderita diabetes diimbau untuk mengonsumsi makanan tinggi serat dan membatasi asupan gula saat sarapan. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tip sarapan untuk penderita diabetes berikut ini.

Tip sarapan untuk penderita diabetes

Melansir Diabetes UK, sarapan sehat dan seimbang dapat membantu mencegah lonjakan gula darah yang drastis setelah melewatkan waktu tidur malam.

Oleh karena itu, membangun kebiasaan sarapan yang sehat merupakan langkah proaktif yang mendukung manajemen diabetes dan meningkatkan kesejahteraan pasien secara keseluruhan.

Memilih makanan yang tepat dan memperhatikan indeks glikemik dapat memberikan dasar yang kuat untuk menjaga kesehatan metabolik.
Dengan cara ini, penderita diabetes tidak perlu kahwatir akan terjadikan fluktuasi gula darah.

Disarikan dari WebMD, berikut adalah beberapa tip sarapan untuk penderita diabetes agar gula darah stabil sepanjang hari.

* Memilih karbohidrat yang sehat

Penderita diabetes perlu memilih karbohidrat kompleks yang dapat dicerna lebih lambat oleh tubuh sehingga dapat menghindari lonjakan gula darah yang drastis.

Anda bisa memilih menu sarapan, seperti oatmeal berserat tinggi, sereal gandum utuh, atau roti gandum. Selain itu, menambahkan protein seperti telur atau yogurt rendah lemak dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

* Memilih makanan tinggi serat

Makanan yang tinggi serat dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Buah-buahan segar, sayuran, dan sumber serat lainnya seperti biji-bijian utuh atau kacang-kacangan bisa menjadi tambahan yang baik untuk sarapan. Selain itu, asupan serat yang cukup juga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

* Memilih sumber protein yang sehat

Protein membantu menjaga keseimbangan gula darah dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Baca Juga :   6 Rebusan Daun untuk Menurunkan Gula Darah secara Alami

Pilih sumber protein yang rendah lemak, seperti telur, ikan, kacang-kacangan, atau yogurt rendah lemak. Membuat kombinasi karbohidrat dan protein dalam sarapan dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

* Membatasi gula tambahan

Hindari makanan sarapan yang tinggi gula tambahan, seperti sereal atau minuman berenergi dengan tambahan pemanis buatan. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan pemanis alami, seperti stevia, dan menambahkan rasa manis dengan buah-buahan segar atau kayu manis.

* Memperhatikan porsi makan

Mengontrol porsi makan juga merupakan langkah penting. Pasalnya, makan dalam porsi yang wajar membantu menghindari lonjakan gula darah yang signifikan setelah makan. Menggunakan piring atau mangkuk yang berukuran kecil dapat membantu mengendalikan asupan makanan secara lebih efektif.

Sarapan yang sehat dan seimbang adalah kunci penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil pada penderita diabetes. Dengan memperhatikan tip sarapan untuk penderita diabetes di atas, penderita ini dia dapat memulai hari dengan energi positif dan menjaga kesehatan metabolik mereka.

Meskipun begitu, penting untuk berkonsultasi dengan doter atau ahli gizi untuk menyusun menu sarapan yang sesuai dengan kebutuhan individual dengan riwayat penyakit diabetes.

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *