Teknologi

Apple Diprediksi Rajai Pasar HP Dunia Berkat iPhone 15

MACANBOLA.NEWS – Peluncuran Apple iPhone 15 series diprediksi mampu rajai Pasar HP di dunia. Tidak hanya membawa banyak fitur baru, iPhone generasi baru ini diprediksi membawa Apple memuncaki daftar penguasa pasar ponsel dunia.

Menurut prediksi firma analisis pasar TrendForce, Apple diperkirakan dapat menyalip Samsung untuk menjadi pemimpin pasar ponsel dunia. Prediksi ini diperkirakan baru akan terjadi setelah peluncuran iPhone 15 anyar mereka.

Apple Urutan Kedua Pasar Ponsel Global

Laporan pasar ponsel global Q2 2023 dari TrendForce menunjukkan Samsung masih menjadi vendor ponsel nomor satu di dunia untuk kuartal kedua tahun 2023. Samsung memproduksi 53,9 juta unit (turun 12,4% dari kuartal sebelumnya) dan menguasai 19,8% pangsa pasar.

Sementara itu Apple berada di posisi kedua dengan 42 juta unit yang diproduksi (turun 21,2% dari kuartal sebelumnya). Produsen iPhone ini menguasai 15,4% pangsa pasar ponsel di dunia.

TrendForce mengatakan performa Samsung pada Q2 2023 memang sedikit tertinggal dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Lini Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 baru saja diluncurkan di Q3, jadi belum diketahui seberapa besar kontribusi duo ponsel layar lipat ini.

Sedangkan untuk Apple, Q2 biasanya menjadi kuartal paling sepi karena calon pembeli biasanya menunggu untuk membeli iPhone baru atau menunggu model yang lama didiskon. Tapi peluncuran iPhone 15 di kuartal ini diprediksi membawa angin segar untuk Apple.

Peluang Apple iPhone 15 Series

“Jika iPhone 15 series mengungguli performa pasar, Apple memiliki peluang bagus untuk menggusur Samsung dari posisi yang mereka lama pegang sebagai pemimpin pasar global,” kata TrendForce dalam laporannya, seperti dikutip dari 9to5Mac, Selasa (5/9/2023).

Prediksi ini sejalan dengan yang diutarakan IDC pekan lalu. Dalam laporannya, IDC memperkirakan pengapalan produk iOS akan tumbuh 1,1% pada tahun 2023 menjadi 19,9% dan mencatat rekor baru.

Baca Juga :   Spesifikasi ASUS Zenfone 10 Segera Rilis 29 September

Tapi kondisi pasar ponsel global secara keseluruhan tampaknya masih akan lemah dalam beberapa waktu ke depan. TrendForce memperkirakan produksi ponsel global kemungkinan akan naik 2-3% pada tahun 2024.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *