OlahragaSepak Bola

Apresiasi Jacksen F Tiago Untuk Timnas Indonesia U-17 Meski Gagal Tembus 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

MACANBOLA.NEWS – Eks bomber Persebaya Surabaya, Jacksen F Tiago, memberikan apresiasi besar atas perjuangan Timnas Indonesia U-17 di meski gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Timnas Indonesia U-17 sebelumnya cuma bisa meraih hasil imbang dua kali dan sekali kalah dari tiga laga di Piala Dunia U-17 2023. Mereka masih punya kans lolos ke babak 16 besar tapi bergantung pada hasil yang diraih tim-tim lain.

Meksiko U-17 berhasil menang telak 4-0 atas Selandia Baru U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung (18/11/2023). Kemenangan ini sendiri membuat El Tri melangkah ke 16 besar dengan status runner-up di bawah Jerman U-17.

Adapun posisi ketiga Grup F bakal ditempati Venezuela U-17 yang berhasil mengumpulkan empat poin. Catatan itu sudah cukup memupus asa Timnas Indonesia U-17 yang hanya mengumpulkan dua poin di fase grup.

Meksiko U-17 berhasil menang telak 4-0 atas Selandia Baru U-17 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung (18/11/2023). Kemenangan ini sendiri membuat El Tri melangkah ke 16 besar dengan status runner-up di bawah Jerman U-17.

Apresiasi untuk Pelatih dan Skuad Timnas Indonesia U-17

Meski gagal melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023, namun perjuangan Timnas indonesia U-17 tetap diapresiasi oleh Jacksen F Tiago.

Pasalnya mereka tetap bisa tampil cukup apik. Padahal persiapan mereka terbilang singkat dibandingkan negara-negara lainnya.

“Mereka tetap pahlawan bangsa. Apresiasi setinggi-tingginya untuk coach Bima Sakti dan stafnya. Dengan persiapan paling minim ketimbang lain, bahkan sampai hari terakhir ini mereka masih menjaga peluang untuk lolos,” seru Jacksen.

Piala Dunia U-17 Level Berbeda

Pria asal Brasil itu menilai Timnas Indonesia U-17 berada di jalur yang tepat untuk bersaing di pentas dunia. Dengan semua kendala dan persiapan yang mereka lakukan, tak mudah bisa merebut poin di level teratas seperti Piala Dunia U-17.

Baca Juga :   4 Pemain Tua Akan Perkuat Timnas Indonesia Vs Turkmenistan di FIFA Matchday

“Sebagai seorang warga negara asing yang lama di Indonesia, perjuangan mereka sungguh luar biasa. Meski harapannya bisa melihat Indonesia U-17 menang, yang harus kita tahu ini bukan sepak bola level Asia. Ini level tertinggi di dunia,” tegasnya.

“Mereka menghadapi negara yang lebih maju sepakbolanya. Panama U-17, Maroko U-17 dan Ekuador U-17, tim yang sering berhadapan dengan level permainan yang elite ketimbang pemain kami yang sangat minim laga internasional,” sambung Jacksen.

Warisan untuk Generasi Selanjutnya

Pelatih yang pernah menangani Timnas Indonesia itu meminta masyarakat tak menghujat kegagalan M. Iqbal Gwijangge dkk. melangkah ke babak selanjutnya. Jacksen berharap publik lebih pintar dengan melihat dampak besar lainnya.

Mayoritas tim memang tak melihat hajatan Piala Dunia usia dini sebagai ajang mencari prestasi. Melainkan kesempatan mengukur kemampuan diri menghadapi lawan-lawan dari seluruh penjuru dunia.

“Lolos atau tidak, mereka membuat dampak luar biasa untuk setidaknya lima tahun ke depan. Seperti anak saya yang menonton setiap laga. Saya lihat sendiri, ini akan berdampak ke generasi selanjutnya,” tutupnya.

Sumber : Bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *