Hiburan

Aulia Sarah Debut di Dunia Teater, Perankan Komandan Wanita Aceh Pocut Limpah

MACANBOLA.NEWS – Memulai karier sebagai model dan aktris, Aulia Sarah kini mencoba melebarkan sayapnya ke dunia teater. Baru-baru ini, ia terlibat dalam pertunjukan teatrikal bertajuk Jalasena Laksamana Malahayati.

Di pertunjukan tersebut, Aulia berperan sebagai seorang komandan wanita Aceh bernama Pocut Limpah. Ia mengaku bangga bisa ambil andil dalam pementasan tersebut.

“Aku merasa bangga sekali bisa terlibat di pementasan ini dengan memerankan Pocut Limpah, sosok yang diibaratkan sebagai ‘singa’-nya Malahayati,” ujar Aulia Sarah dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, baru-baru ini.

Pemeran Badarawuhi di film KKN di Desa Penari tersebut mengatakan, keikutsertaannya dalam teater ini adalah berkat campur tangan Jay Subiakto. Ia merupakan Pengarah Artistik dalam teater ini.

Aulia menuturkan, kala itu Jay percaya dirinya mampu memerankan karakter Pocut Limpah dengan baik. Tak cuma itu, darah Aceh yang mengalir dalam diri Aulia juga disebut mampu mendukung karakter itu.

“Bahkan, aku tak merasa seperti bekerja di pementasan ini. Rasanya seperti menjalankan tugas dan panggilan hati sebagai perempuan keturunan Aceh untuk merayakan betapa hebatnya sosok Malahayati yang patriotik,” ucap Aulia Sarah.

Awalnya, perempuan kelahiran 6 Juli 1991 ini khawatir dirinya tak bisa mengimbangi pemain lain. Terlebih, ini merupakan kali pertama ia bermain teater.

“Hampir semua pemain yang terlibat adalah pemain teater. Teknik pernapasan, suara, hingga gestur mereka ‘panggung banget’, sedangkan ini kali pertamaku bermain di sebuah pentas,” ungkap Aulia Sarah.

“Rasanya mau nangis karena bebannya besar, mengingat Pocut Limpah sosoknya lebih tegap, tegas, dan jago dibanding pejuang perempuan lain di Inong Bale. Belum lagi jika demam panggung,” lanjut dia.

Tak ingin mengecewakan, Aulia pun berusaha memberikan terbaik. Ia saat itu hanya memikirkan bagaimana cara dapat memuaskan para penonton yang bersedia hadir dan membayar mahal tiket teater tersebut.

Baca Juga :   Jessica Mila Dikabarkan Hamil Anak Pertama, Usia Kandungan Menginjak 10 Minggu

“Hal-hal ini membuatku terus belajar untuk mengantisipasi dan mengatasi semuanya sebaik mungkin. Aku yakin bisa memberikan yang terbaik untuk pementasan ini dan memuaskan para penonton,'” kata Aulia Sarah.

Jalasena Laksamana Malahayati digelar di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 8 September 2023 (khusus TNI) dan 9 September 2023 (umum).

Jalasena Laksamana Malahayati sendiri berkisah tentang perang antara Kesultanan Aceh Darussalam melawan Portugis di teluk Haru pada tahun 1586. Kejadian itu menewaskan dua Laksmana, Sultan Almukammil dan Laksmana Zainal Abidin, suami wanita bernama Malahayati, serta ribuan prajurit Kerajaan.

Hal itu membuat Malahayati terpukul karena hampir seluruh lelaki dalam trah keluarganya gugur dalam pertempuran melawan penjajah. Tak hanya itu, ada ribuan janda dan anak-anak yang kehilangan suami dan ayah mereka, membuat Aceh menjadi lemah.

 

Sumber : Kumparan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *