Berita TerbaruPolitik

Beda dengan Mahfud dan Cak Imin, Hanya Gibran yang Tak Hadir Saat Diumumkan Jadi Cawapres

MACANBOLA.NEWS – Bakal calon presiden (capres) Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, mengumumkan nama Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya untuk Pemilu 2024.

Nama Gibran diumumkan langsung oleh Prabowo usai para ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Menteri Pertahanan itu di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023) malam.

“Baru saja Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari delapan partai politik, yang dihadiri lengkap oleh ketum masing-masing dan sekjen masing-masing kita telah berembug secara final, secara konsensus, seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden,” ujar Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya, Minggu.

Deklarasi Gibran sebagai cawapres dihadiri oleh seluruh ketua umum dan para elite partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Gelora.

Gibran sendiri justru tak hadir dalam acara tersebut. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menjadi satu-satunya bakal cawapres yang tak hadir saat namanya diumumkan sebagai calon RI-2.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, misalnya, diumumkan sebagai cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan pada 2 September 2023. Saat itu, Muhaimin kompak hadir bersama bakal capres Anies Baswedan

Nama Muhaimin dideklarasikan oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Surya yakin, Anies-Cak Imin mampu memenangkan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

“Sebagai Ketua Umum Partai Nasdem yang pertama sekali mendeklarasikan calon presiden yang bernama Anies Baswedan, tentu secara subyektif maupun obyektif saya menginginkan hasil yang paling optimal,” kata Paloh, Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga :   Two hours long interview with the current mayor candidate

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dideklarasikan sebagai bakal cawapres pendamping bakal capres Ganjar Pranowo pada 18 Oktober 2023.

Mahfud juga kompak hadir bersama Ganjar setelah namanya diumumkan oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Dalam momen itu, Mahfud pun menyatakan kesediaannya menjadi cawapres Ganjar.

“Adalah kehormatan dan kebanggaan saya diberi amanah, mengemban tanggung jawab yang besar dan mulia bersama Mas Ganjar meneruskan cita-cita Bung Karno dan para pendiri negara lainnya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil makmur dan sejahtera,” kata Mahfud di kantor DPP PDI-P, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

 

 

 

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *