Viral

Begini Cara Mengurus Surat Tilang Pengendara yang Tidak Lolos Uji Emisi

MACANBOLA.NEWS – Polda Metro Jaya bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menggelar razia uji emisi di sejumlah titik wilayah Ibu Kota. Pada razia kali ini, polisi akan langsung menindak pengendara yang kedapatan tidak lolos uji emisi.

Terkait penindakan terhadap kendaraan yang tidak lolos uji emisi, kepolisian berpegang pada Pasal 285 dan 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Untuk kendaraan roda dua akan dikenakan denda Rp250 ribu rupiah, sedangkan untuk kendaraan roda dua akan dikenakan denda sebesar Rp500 ribu.

Lalu bagaimana cara mengurus surat tilang yang tidak lolos uji emisi?

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan mengatakan, mekanisme masyarakat yang ingin mengurus surat tilang karena tidak lolos uji emisi tidak jauh berbeda dengan penilangan pada umumnya.

Bagi pengendara yang terkena sanksi tilang nantinya akan diberikan blanko berwarna biru. Sementara itu petugas akan menyita berupa SIM atau STNK pengendara dengan ditambah print out hasil uji emisi yang akan diserahkan ke pengadilan setempat.

Nanti petugas akan melampirkan print out uji emisi dilembar tilang yang akan diserahkan ke pengadilan, kata Doni di kantor Ditlantas Polda Metro Jaya, Jumat (1/9/2023).

Pengendara yang Lolos Uji Emisi Diberikan Stiker

Setelahnya, pengendara dapat menebus surat tilangan dengan membayar melalui bank BRI. Lalu dilanjutkan mengambil SIM atau STNK di penyelenggara sekaligus melampirkan hasil print out uji emisi.

“Bahwa mekanismenya akan ditambah untuk melampirkan print out uji emisi itu untuk memastikan bahwa uji emisi sesuai dengan ketentuan, mekanisme yang ada, sehingga masyarakat nanti bisa melihat bagaimana prosesnya,” tuturnya.

Sementara itu, bagi pengendara yang telah lolos uji emisi akan diberikan stiker serta print out. Untuk kendaraan umum yang lulus, akan berlaku hingga satu tahun ke depan sedangkan kendaraan umum berlaku hingga enam bulan saja.

Baca Juga :   Heru Sebut Medsos ASN Bakal Dipantau Intelijen Demi Jaga Netralitas Pemilu 2024

Lebih lanjut Doni menyebut, razia uji emisi ini akan dilakukan terus menerus bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta hingga dapat dipastikan ada banyak pengendara yang telah lulus uji emisi. Sementara terkait dengan waktu razianya, ia menyebut akan bersifat situasional.

“Nanti lihat situasi dilapangan yang jelas penegakan hukum untuk menyadarkan masyarakat betapa pentingnya uji emisi kualitas kita lebih baik,” tutupnya.

Titik Razia Uji Emisi

Terdapat lima titik razia uji emisi lain yang diberlakukan pada hari ini.

1. Jakarta Timur, Jalan Perintis Kemerdekaan.

2. Jakarta Utara, Jalan RE Martadinata

3. Jakarta Barat, Mall Taman Anggrek

4. Jakarta Selatan, Terminal Blok M

5. Jakarta Pusat, Jalan Asia Afrika

sama diketahui, sebelum resmi dilakukan tilang uji emisi, Polda Metro Jaya bersama dengan Pemprov DKI Jakarta telah terlebih dahulu melakukan uji coba di lima titik yang sama pada Jumat (25/8/2023).

Hasilnya, dari 550 kendaraan yang mengikuti uji emisi, 104 di antaranya tidak lulus dengan rincian 38 unit mobil dan 66 unit motor tidak lolos.

Pasa saat uji coba, polisi tidak langsung menerapkan penilangan melainkan hanya melakukan upaya teguran. Sedangkan kendaraan bermotor yang lolos, diberikan stiker sebagai tanda lulus uji emisi.

Sumber : liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *