Kesehatan

Berapa Lama Serangan Asam Urat Sembuh? Simak Penjelasannya Berikut…

MACANBOLA.NEWS – Serangan gout dapat mereda dalam beberapa hari dengan perawatan atau pengobatan yang sesuai agar nya turun. Untuk diketahui, asam urat yang tinggi dapat menyebabkan serangan gout pada persendian, mulai dari ujung jempol kaki, lutut, hingga pergelangan tangan.

Serangan gout atau asam urat membuat seseorang merasakan nyeri hebat disertai sensasi panas. Seringkali penderita gout juga mengeluhkan pembengkakan di sekitar sendinya.

Jika tidak diobati dengan tepat, nyeri akibat asam urat dapat bertahan sampai beberapa minggu sehingga mengganggu aktivitas dan membatasi rentang gerak.

Artikel ini akan membahas waktu yang dibutukan untuk penyembuhan dan cara mengobatinya.

Berapa lama asam urat sembuh?

Menurut Johns Hopkins Arthritis Center, serangan nya biasanya mencapai klimaksnya dalam waktu 12-24 jam setelah serangan awal. Serangan nya menyebabkan sendi mendadak terasa sangat sakit dan sulit digerakkan.

Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam, disertai pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi. Serangan gout dapat mereda dengan sendirinya, namun harus tetap dilakukan perawatan dan pengobatan agar kadar nya turun dan untuk mencegah risiko komplikasi.

Pengobatan misalnya dengan minum obat zyloric untuk menghambat pembentukan asam urat dalam darah atau obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit.

Anda mungkin juga perlu menghindari makanan mengandung purin, seperti jeroan, daging merah, serta minuman beralkohol agar kadar nya turun dan mencegah kekambuhan.

Sementara itu jika tidak diobati, biasanya sembuh dalam 1-2 minggu. Berapa lama sembuh tergantung pada kondisi penderita dan perawatan atau pengobatan yang dilakukan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui cara agar sembuh dengan cepat.

Bagaimana cara mengobati asam urat?

Berikut beberapa cara mengobati asam urat secara alami dan menggunakan obat:

Baca Juga :   A healthy diet is always better than dieting.

* Meninggikan posisi sendi yang terkena serangan gout untuk mengurangi nyeri dan peradangan
* Minum banyak air putih diselingi teh herbal atau kaldu untuk mencegah pembengkakan sendi
* Mengompres area yang sakit dengan es batu untuk mengurangi nyeri dan peradangan
* Menjaga kesehatan mental dengan manajemen stres, seperti berolahraga, meditasi, atau melakoni hobi
* Konsumsi buah-buahan untuk meredakan, seperti pisang, ceri, dan air lemon
* Minum obat pereda nyeri seperti ibuprofen
* Konsumsi obat resep dokter untuk menurunkan kadar, mengatasi nyeri, pembengkakan, dan mencegah komplikasi.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan perawatan atau obat yang cocok untuk menyembuhkan asam urat. Dengan perawatan dan pengobatan yang tepat, serangan nya bisa sembuh lebih cepat.

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *