OlahragaSepak Bola

Berjuang dengan Peluang 4,5 Persen, Girona FC Juga Milikku!

MACANBOLA.NEWS – Girona FC berada di puncak klasemen pekan ke-20 LALIGA 2023/2024. Mereka punya satu poin lebih banyak dari Real Madrid dan unggul delapan poin dari Barcelona. Namun, peluang Girona untuk jadi juara tak sampai 5 persen!

Girona menjalani musim yang luar biasa pada 2023/2024. Apa yang dicapai tim dari Catalan itu sungguh di luar prediksi banyak pihak. Sebab, musim lalu, Girona hanya berada di posisi ke-10 klasemen LALIGA dengan 49 poin.

Seperti dongeng, Girona mencapai hal-hal besar di LALIGA 2023/2024. Tim racikan pelatih Michel itu menang atas Barcelona pada pekan ke-16 LALIGA. Ini adalah sejarah baru. Sejak didirikan pada 1930, Girona untuk pertama kalinya menang atas Barcelona.

Girona pada pekan ke-20, sudah mendapat 49 poin. Jumlah itu sama dengan capaian mereka sepanjang musim 2022/2023. Artinya, ada kemajuan pesat dari Girona. Dari sekadar klub pelengkap, Girona kini jadi penantang gelar.

Girona tidak sedang bermimpi. Mereka kini benar-benar jadi penantang gelar juara LALIGA. Lantas, apakah realistis bagi Cristhian Stuani untuk membidik gelar juara?

Bagaimana Girona Membalikkan Prediksi

Tak ada yang mempertimbangkan partisipasi Girona FC dalam persaingan gelar juara LALIGA pada awal musim 2023/2023. Bahkan, pada simulasi yang dibuat Opta, Girona diprediksi lebih dekat zona degradasi daripada gelar juara.

Menurut Opta, Girona FC punya peluang turun kasta ke Divisi Segunda sebesar 11,42 persen. Girona tidak punya peluang juara sama sekali. Blanquivermells diprediksi akan finis di posisi ke-11 pada klasemen akhir LALIGA 2023/2024.

Namun, Girona mampu membalikkan prediksi tersebut. Manuver di bursa transfer jadi salah satu kunci prestasi apik Girona musim ini. Membeli Artem Dovbyk, Yangel Herrera, dan Ivan Martin adalah keputusan yang jitu. Harga mereka bertiga tak sampai €15 juta.

Baca Juga :   Pusat Latihan Pilihan Pemain NBA: UCLA

Lalu, ada pemain yang didatangkan secara gratis dan memberi kontribusi besar. Paulo Gazzaniga jadi kiper utama dan baru kebobolan 24 kali dari 20 laga. Daley Blind yang dinilai sudah habis justru jadi pemimpin di barisan pertahanan Girona.

Koneksi sesama klub anggota City Football Group juga dimanfaatkan dengan sangat apik. Girona meminjam Savio dari Troyes. Winger berusia 19 tahun itu bermain gemilang. Hingga pekan ke-20 LALIGA, dia selalu bermain dengan kontribusi lima gol dan assist.

Lebih dari itu, keputusan memberikan kontrak jangka panjang pada Michel adalah faktor kunci lain. Pelatih 48 tahun itu mampu meracik taktik dengan sangat jitu. “Mimpi saya adalah kami bisa membuat sejarah bersama Girona dan kami sedang meraihnya,” ucap Michel.

Peluang Juara LALIGA Hanya 4,5 Persen

Girona kini berada di puncak klasemen LALIGA. Girona hanya sekali kalah dari 20 laga yang dimainkan, kalah dari Real Madrid. Girona menang 15 kali, dua lebih banyak dibanding catatan kemenangan di LALIGA sepanjang musim 2022/2023 lalu.

Harusnya, Girona bisa disebut sebagai kandidat juara. Namun, menurut prediksi Opta, pada pekan ke-20, peluang Girona untuk menjadi juara LALIGA hanya 4,5 persen saja!

Real Madrid masih jadi kandidat terkuat untuk meraih gelar juara. Opta memberi angka 91,4 persen untuk peluang Real Madrid juara LALIGA. Sebagai informasi, saat ini Real Madrid ada di posisi kedua klasemen LALIGA dengan 48 poin dari 19 laga.

Real Madrid, sama seperti Girona, baru sekali kalah di LALIGA. Los Blancos pantas menjadi unggulan pertama juara LALIGA. Real Madrid punya pelatih hebat, pemain top, dan kedalaman skuad yang mumpuni. Madrid juga terbiasa bersaing untuk gelar juara La Liga.

Baca Juga :   Resmi, Real Madrid Perpanjang Kontrak Eder Militao

Kembali pada prediksi Opta, Girona lebih difavoritkan untuk berada di posisi kedua klasemen akhir LALIGA 2023/2024. Peluang mereka 43,1 persen, lebih besar daripada Barcelona (28,9 persen). Namun, seperti prediksi awal musim, Girona juga berhak melebihi prediksi Opta.

“Real Madrid akan berjuang untuk juara liga. Barcelona akan berjuang untuk liga. Atletico Madrid akan berjuang untuk liga. Kita harus mendapatkan hak itu… dan mengakhiri tahun ini dengan cara terbaik,” ucap Michel seperti dikutip dari Reuters.

Girona juga Milikku!

Girona bukan Real Madrid yang biasa ada dalam persaingan gelar juara. Walau sama-sama berasal dari Catalan, Girona juga bukan Barcelona yang punya banyak gelar. Namun, pada musim 2023/2024, Girona ada diantara duopoli Real Madrid dan Barcelona.

Girona FC adalah klub unik. Mereka punya ikatan yang kuat dengan kota Girona. Satu bulan setelah klub didirikan pada 1930, pemerintah kota memberikan otoritas pada klub untuk memakai logo kota. Girona FC memakai jersey merah dan putih, warna yang ada di logo kota.

Girona FC bermarkas di Stadion Motilivi, stadion terkecil di LALIGA 2023/2024 dengan kapasitas 14,624 penonton. Sebagai perbandingan, Stadion Surajaya di Lamongan bisa menampung 15.000 penonton. Stadion Demang Lehman, markas Barito Putera, juga punya kapasitas 15.000 penonton.

Meskipun kecil, Stadion Motilivi telah memberi energi yang besar bagi Artem Dovbyk dan kolega. Rata-rata kehadiran penonton di Stadion Montilivi mencapai 86,7 persen. Lebih tinggi dibanding Santiago Bernabeuu (86.2 persen) dan Olimpic Lluis Companys (82.3 persen) yang jadi markas Barcelona.

Stadion Motilivi membuat pemain dan fans tidak berjarak, saling ‘sentuh’ dan bertukar rasa. Fans bisa mendengar suara bola saat ditendang Cristhian Stuani. Fans Girona bisa meresapi betul slogan klub El ‘Girona FC també és meu’ yang berarti Girona juga milikku.

Baca Juga :   Al-Ittihad Kejar Raphael Varane di Tahun 2024

Sumber : Bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *