Teknologi

Bodi Titanium iPhone 15 Pro, Grade 5 dan Serupa Robot Penjelajah Mars

MACANBOLA.NEWS – Apple membuat heboh publik dengan merilis ponsel berbahan bodi titanium untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro max. Apple resmi meluncurkan empat model iPhone, yaitu iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max dalam Apple Event “Wonderlust” pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB.

Pada acara ini, iPhone 15 Pro (termasuk iPhone 15 Pro Max) menjadi produk yang paling bikin acara tersebut heboh. Pasalnya, iPhone 15 Pro kini mengadopsi bodi dan bingkai premium yang memiliki material logam campuran (alloy) bernama titanium.

Bodi Titanium Grade 5

Bukan material titanium biasa, jenis titanium yang digunakan Apple di iPhone 15 Pro adalah jenis “Grade 5” yang diklaim lebih kuat dari besi alloy stainless steel, namun tetap ringan.

Materials Science Engineer Apple, Isabel Yang mengeklaim bahwa jenis titanium seperti ini dipakai juga oleh NASA. Dimana jenis titanium ini digunakan di salah satu robot penjelajah planet milik NASA.

“Material titanium Grade 5 di iPhone 15 Pro merupakan material yang sama dengan lapisan baja yang melindungi robot penjelajah planet Mars, yaitu ‘Mars Rover’,” klaim Isabel dalam acara peluncuran iPhone 15, dikutip KompasTekno dari kanal YouTube resmi Apple.

Dengan bodi titanium, Isabel mengeklaim iPhone 15 Pro akan lebih kuat, dan lebih ringan dari iPhone 14 Pro. Bahkan, Apple mengeklaim iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max merupakan iPhone model “Pro” yang paling ringan saat ini.

Di atas kertas, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max masing-masing memiliki bobot sekitar 187 gram dan 221 gram. Sedangkan bobot iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max masing-masing adalah 206 gram dan 240 gram.

Baca Juga :   iOS 17 Bikin Boros Baterai? Begini Cara Mengatasinya

Selain lebih ringan, bodi titanium di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga diklaim akan bisa meredam panas lebih baik dari generasi sebelumnya.

“Berkat kombinasi bahan besi campuran lain aluminum yang ada di dalam ponsel, bodi titanium di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan lebih cepat untuk meredam panas yang bersumber dari komponen utama ponsel,” imbuh Isabel.

Layar iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga kini dilapisi dengan kaca pelindung bernama “Ceramic Shield”.

Apple tidak mengumbar hasil uji ketahanan bodi titanium dan layar Ceramic Shield tersebut. Namun yang jelas, bodi titanium Grade 5 dan layar Ceramic Shield ini diklaim hanya hadir di ponsel Apple iPhone saja.

Spesifikasi iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max memiliki desain yang sama, namun dengan spesifikasi yang nyaris identik.

Perbedaan hanya ada di layar iPhone 15 Pro yang berukuran 6,1 inci dan iPhone 15 Pro yang berukuran 6,7 inci. Kemudian kamera telefoto 12 MP (3x optical zoom) di iPhone 15 Pro dan telefoto “periskop” 12 MP (5x optical zoom) di iPhone 15 Pro Max.

Spesifikasi lainnya sama persis, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max kompak mengusung layar LTPO Super Retina XDR OLED. Dengan fitur ProMotion (refresh rate 120 Hz), HDR10, Dolby Vision, dan tingkat kecerahan mencapai 2.000 nit.

Kamera utama kedua ponsel tersebut, selain kamera telefoto tadi, mencakup kamera utama 48 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). Di bagian depan pada “poni” lebar Dynamic Island, terdapat kamera selfie 12 MP (f/1.9).

Baca Juga :   Samsung Kembangkan Teknologi Layar HP Tanpa Bingkai

Pada sektor hardware, kedua ponsel ini sama-sama ditenagai dengan chip terbaru Apple A17 Pro. Sudah dilengkapi dengan pengolah grafis (GPU) yang mendukung fitur pencahayaan realistik di dalam game alias ray tracing.

Fitur pendukung lainnya di kedua ponsel ini adalah 5G, konektivitas WiFi 6E, Ultrawide Band (UWB), fitur biometrik FaceID. Tombol Action Button untuk pintasan berbagai fungsi perangkat, Always-on Display, konektor USB-C, dan masih banyak lagi.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max tersedia dalam varian warna Black Titanium, White Titanium, Blue Titanium, dan Natural Titanium. Kedua ponsel ini bisa dipesan di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lainnya mulai 15 September mendatang.

Kemudian tersedia di toko-toko di beberapa negara seminggu setelah pemesanan, yaitu pada 22 September mendatang. Namun belum bisa dipastikan kapan ponsel ini akan dijual di Indonesia.

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *