OlahragaSepak Bola

Bos Wasit Inggris Akhirnya Akui Liverpool Layak Dapat Penalti Lawan Arsenal

MACANBOLA.NEWS – Bos PGMOL yakni Howard Webb mengakui Liverpool harusnya mendapatkan penalti saat melawan Arsenal karena Martin Odegaard jelas melakukan handball.

Liverpool berduel lawan Arsenal di Anfield pada 24 Desember lalu. Pertandingan itu berakhir imbang dengan skor 1-1.

Namun duel itu bisa saja berakhir dengan kemenangan Liverpool. Hal itu akan terjadi jika wasit memberikan penalti kala Odegaard melakukan handball di kotak terlarang.

Saat itu Odegaard kehilangan keseimbangan saat akan mengadang laju Mohamed Salah. Dalam prosesnya ia menyentuh bola dan kemudian tampak mengarahkan bola menjauh dari Salah.

Alasan Wasit tak Berikan Penalti

Kubu Liverpol pun meradang dengan keputusan wasit untuk tidak memberikan penalti. Demikian juga fans The Reds yang emosi.

Howard Webb akhirnya membeberkan apa alasan wasit saat itu tak memberikan penalti pada Liverpool. Ia menyebut bahwa Martin Odegaard dinikau hanya berusaha menopang badannya saat akan terjatuh dan secara tak sengaja kemudian menyentuh bola.

“Wasit di lapangan menyadari bahwa Odegaard terpeleset dan melihat lengannya jatuh ke tanah, kita telah berbicara di masa lalu tentang menopang lengan jika seseorang jatuh dengan lengan itu, itu sangat wajar, dan itu adalah konsep yang cukup mapan,” tuturnya dalam wawancara dengan Michael Owen di acara Match Officials Mic’d Up, via Goal.

“Dalam situasi ini, meskipun ada perbedaan penting dengan pemain normal yang terjatuh, bukan hanya Odegaard yang secara tidak sengaja terjatuh ke atas bola. Ia terpeleset, lengannya mengembang, namun ia benar-benar menarik lengannya kembali ke arah tubuhnya yang mana itulah momen ketika bola melakukan kontak dengan lengan,” tuturnya.

Layak Penalti

Howard Webb lantas mengatakan bahwa keputusan wasit di lapangan dan wasit VAR saat itu salah. Menurutnya Liverpool layak diganjar penalti saat melawan Arsenal.

Baca Juga :   Vinicius Junior Bisa Main Lawan Girona?

“VAR melihatnya dan berpikir itu adalah kasus Odegaard yang mencoba membuat dirinya lebih kecil dengan mendekatkan lengannya ke tubuh. Itulah elemen yang penting di sini – entah itu naluri atau kesengajaan, ia mendapat keuntungan besar dengan mengembalikan lengannya ke arah bola, dan umpan balik yang kami dapatkan sangat jelas; permainan mengharapkan penalti, dalam situasi ini,” ujarnya.

“Saya setuju, dan karena itu menurut saya ini adalah salah satu hasil yang tidak tepat,” klaim Webb.

Ini bukan pertama kalinya Liverpool dirugikan oleh wasit. Sebelumnya mereka juga terpaksa harus kehilangan poin di laga lawan Tottenham setelah gol sah Luis Diaz malah dianulir.

Jadwal Liverpool Berikutnya

Pertandingan: Bournemouth vs Liverpool

Stadion: Vitality Stadium

Hari: Minggu, 21 Januari 2024

Kickoff: 23.30 WIB

Sumber : Bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *