Teknologi

China Larang Pejabat Pemerintah Gunakan iPhone, Apple Siap Merugi?

MACANBOLA.NEWS – China larang para pejabat pemerintah pusat untuk gunakan iPhone selama bekerja. Bahkan mereka juga tidak diizinkan untuk membawa ponsel tersebut ke kantor.

Berdasarkan Wall Street Journal yang mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, perintah ini dilaporkan telah diberikan dalam beberapa minggu terakhir, tetapi tidak jelas seberapa luas penerapannya.

Biasa Terjadi di China

Hal ini biasa terjadi di China yang sering kali melarang masuknya produk asing yang dianggap mencurigakan.

Seperti larangan mengemudikan mobil Tesla ke area pemerintah dan fasilitas sensitif, yang dikhawatirkan kamera yang terpasang dalam mobil digunakan untuk spionase.

Ataupun kontrol ketat terhadap ekspor cip ke China dan pembatasan pengiriman dari perusahaan seperti Boeing.

Larangan penggunaan iPhone

Larangan penggunaan iPhone di beberapa kementerian pemerintah China ini dikarenakan risiko yang ditakuti akan timbul terhadap keamanan nasional.

Semua karyawan di kementerian yang berfokus pada investasi, perdagangan, atau urusan internasional tersebut diberikan waktu hingga September ini. Mereka harus segera mengganti iPhone mereka dengan merek ponsel pintar lainnya.

Permintaan ini belum diungkapkan atau dijelaskan secara terbuka oleh pemerintah China, namun ini diperkirakan bertujuan untuk menghilangkan risiko keamanan nasional negara tersebut.

Karyawan di kementerian China yang terkena dampak kini harus meluangkan waktu untuk membeli ponsel pintar baru, menjalani proses transisi dari iOS ke Android, dan mencadangkan iPhone mereka.

Balasan untuk Amerika Serikat

China tidak terlalu senang dengan pemerintah AS saat ini karena sanksi yang dijatuhkan atas teknologi chip canggih. Micron sejauh ini telah menjadi target utama pembalasan.

Sudah ada batasan yang ditempatkan pada barang dan jasa China oleh pemerintah AS. Khususnya, TikTok tidak dapat diinstal pada perangkat pemerintah, dan peralatan Huawei dilarang.

Baca Juga :   Viral ! Ini Istrinya, Bukan Cucunya!

Tidak hanya di China, sebelumnya pemerintah Rusia juga telah meminta para karyawannya untuk tidak menggunakan perangkat tersebut sejak awal tahun ini.

Alasan yang diberikan pun sama, yaitu klaim iPhone memiliki risiko keamanan dan lebih rentan untuk diretas.

China membuat keputusan ini setelah Apple tahun lalu memutuskan terlalu berisiko untuk mempertimbangkan penggunaan memori China yang murah di ponselnya.

Sumber : Okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *