Berita PopulerPolitik

Dipanggil KPK, Ahok: Soal Kasus LNG Bu Karen

MACANBOLA.NEWS – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini. Pemanggilan ini berkaitan dengan kasus korupsi liquefied natural gas (LNG) Pertamina dengan tersangka mantan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan.

“Ya soal kasus LNG Bu Karen,” katanya kepada detikcom lewat pesan singkat, Selasa (7/11/2023).

Ahok dipanggil KPK sebagai saksi. Perihal pertanyaan yang ditanyakan KPK, Ahok mengaku tidak ingat.

Sebelum memanggil Ahok, KPK terlebih dahulu melakukan panggilan terhadap Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati pada Kamis, 26 Oktober 2023. Saat meninggalkan kantor lembaga antirasuah, Nicke memilih bungkam dari sejumlah pertanyaan awak media yang sudah menunggunya. Nicke sama sekali enggan memberikan jawaban wartawan meskipun sekadar jumlah pertanyaan yang diberikan penyidik kepada dirinya.

Dikutip dari detikNews, Ketua KPK Firli Bahuri sebelumnya mengatakan kasus ini diawali dari rencana pengadaan LNG yang dilakukan oleh Pertamina pada 2012. Wacana tersebut dipilih kala itu sebagai upaya mengatasi defisit gas di Indonesia.

Mantan Dirut PT Pertamina, Karen Agustiawan, lalu menjalin kerja sama dengan sejumlah produsen dan supplier LNG yang berada di luar negeri. Salah satu perusahaan yang ditunjuk ialah Corpus Christi Liquefaction (CCL) LLC Amerika Serikat.

Penunjukan kerja sama dengan CCL tersebut dinilai bermasalah. KPK menduga keputusan yang diambil Karen saat itu sepihak tanpa ada kajian yang utuh

Kebijakan yang diambil Karen itu kemudian mengakibatkan kerugian negara. Kerugian itu berupa LNG yang telah dibeli dari CCL LLC Amerika Serikat tidak terserap di pasar domestik hingga menjadi oversupply. Kasus ini menyebabkan kerugian negara Rp 2,1 triliun.

Sumber : Detik.com

Baca Juga :   Call Center Partai Garuda Siap Terima Aduan Caleg yang Tak Tepati Janji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *