Teknologi

Huawei Mate X5 dan Mate 60 Pro+ Resmi Dirilis

MACANBOLA.NEWS – Huawei Mate X5 dan Mate 60 Pro+ resmi dirilis Huawei secara diam-diam melalui program pre-sale pada Jumat, 8 September 2023 lalu.

Smartphone ini dilaporkan memasuki pasar Tiongkok tanpa iklan atau teaser promosi. Di tengah kondisi ini, Huawei juga merilis Mate X5, seri terbaru dari lini X.

Kehadiran kedua smartphone ini dilaporkan menghebohkan publik karena dinilai sebagai indikator perlawanan Huawei terhadap sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat (AS).

Mate 60 Pro yang dirilis minggu lalu dinilai sebagai gebrakan Huawei sejak dijatuhi sanksi, sehingga menyebabkan pemerintah AS was-was.

Selain itu, Huawei juga tidak merilis informasi terkait harga jual untuk smartphone terbarunya ini.

Chipset Mate 60 Pro+

Mate 60 Pro+ dilaporkan menggunakan chipset 5G yang dikembangkan oleh Huawei, dan dibantu oleh manufaktur chipset asal negara asal Huawei, Semiconductor Manufacturing International Co (SMIC).

Laporan dari negeri tirai bambu juga menyebut Mate 60 Pro disambut baik oleh konsumen Tiongkok, dengan batch pertama penjualan di platform online negara tersebut terjual habis dalam waktu singkat.

Sementara itu, toko fisik Huawei di Shenzhen dan situs resminya mengumumkan Mate 60 Pro akan segera kembali pada pertengahan bulan September 2023.

Smartwatch Terbaru

Sebelumnya, pekan depan, Huawei bersiap untuk meluncurkan smartwatch terbarunya di Barcelona, Spanyol.

Rumor yang beredar menyebut Huawei akan meluncurkan dua smartwatch terbaru di acara tersebut. Acara tersebut akan dihelat pada tanggal 14 September 2023, dan akan terfokus pada strategi wearable yang diusung oleh Huawei.

Gambar teaser yang beredar mengklaim acara itu sebagai acara terfokus pada fesyen dan menampilkan dua bezel di dua sudut. Satu bezel hadir dengan ukiran angka waktu sedangkan bezel lainnya hadir dengan desain sederhana tanpa hiasan apapun.

Baca Juga :   Asus Vivobook S 15 OLED BAPE Edition Tampil Stylish

Spesifikasi Mate 60 Pro+

Huawei Mate 60 Pro Plus merupakan varian yang lebih bertenaga dari Huawei Mate 60 dan 60 Pro, menampilkan layar OLED besar 6,82 inci berkemampuan adaptif 120Hz.

Ditambah kamera depan 13MP yang dipasangkan dengan sensor 3D untuk pengenalan wajah melalui tiga lubang di bagian depan layar.

Di bagian belakang, terdapat trio kamera fleksibel, terdiri dari kamera utama 48MP yang didukung lensa ultrawide 40MP dan lensa telefoto 48MP.

Ini mendukung hingga 16GB RAM dan 1TB penyimpanan. Tersedia dalam warna hitam dan putih.

Sedangkan untuk Mate X5 kurang lebih sama dengan Huawei Mate X3. Perbedaannya adalah desain kamera yang sedikit diubah, warna Phantom Purple baru, dan RAM hingga 16GB dan penyimpanan 1TB.

Huawei masih bungkam mengenai prosesor yang menggerakkan kedua ponsel tersebut. Namun, keduanya dianggap sama dengan chip seri Kirin 9000 berkemampuan 5G yang ditemukan di Mate 60 dan 60 Pro.

Huawei mengadopsi modem berkemampuan 5G miliknya sendiri karena perusahaan dilarang menggunakan komponen yang bersumber dari perusahaan AS.

Meskipun perusahaan tersebut memang menggunakan chip Qualcomm di beberapa ponsel terbarunya, Huawei dibatasi hanya menggunakan varian 4G saja.

Sumber : Selular.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *