HiburanPolitik

Jokowi Bicara soal Presiden Boleh Memihak, Begini Kata Prabowo

MACANBOLA.NEWS – Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menanggapi soal pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berbicara soal presiden boleh memihak dan berkampanye. Prabowo menyinggung peraturan yang sudah ada.

“Saya kira sudah ada diskursus dan sudah diatur oleh peraturan semuanya,” kata Prabowo usai acara dialog bersama Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Gedung KWI, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2024).

Prabowo menekankan pihaknya berpegang pada peraturan mengenai itu. Adapun aturan soal presiden dapat melaksanakan kegiatan kampanye diatur dalam UU Pemilu.

“Saya kira kita berpegang kepada itu saja,” kata Prabowo.

Penjelasan Jokowi

Jokowi memberikan penjelasan maksud pernyataannya terkait presiden boleh kampanye dan memihak. Jokowi menunjukkan print kertas besar bukti pasal dalam UU Pemilu yang mengatur hal tersebut.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/1/2024). Jokowi menjelaskan maksud dirinya mengungkap hal itu karena berawal dari pertanyaan wartawan.

“Itu kan ada pertanyaan dari wartawan mengenai menteri boleh kampanye atau tidak. Saya sampaikan ketentuan dari peraturan perundang-undangan, ini saya tunjukin (menunjuk kertas print berisi pasal UU Pemilu). Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 jelas menyampaikan di Pasal 299 bahwa presiden dan wakil presiden mempunyai hak melaksanakan kampanye, jelas,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pasal tersebut sudah jelas. Jokowi meminta pernyataannya tidak ditarik ke mana-mana.

“Itu yang saya sampaikan ketentuan mengenai UU Pemilu, jangan ditarik ke mana-mana,” ucapnya.

 

Sumber : Detik.com

Baca Juga :   PKS Gelar Doa Bersama saat Anies-Cak Imin Tes Kesehatan di RSPAD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *