Politik

Kata Airlangga soal Mahfud Mundur dari Menko Polhukam

MACANBOLA.NEWS – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendoakan kesuksesan, kepada Mahfud Md usai menyatakan akan mundur dari kursi Menko Polhukam. Menurut dia, apa yang menjadi keputusan Mahfud adalah jalan politik sesuai dengan keyakinan pribadi.

“Pak Mahfud saya ucapkan ya semoga dengan pilihan politiknya itu mencapai apa yang diharapkan,” doa Airlangga saat ditanya oleh awak media di Karawang, Jawa Barat, Rabu (31/1/2024).

Meski Mahfud mundur, Airlangga mengaku kabinet Indonesia Maju masih tetap solid. Dia memastikan hubungan antar menteri juga tetap terjalin baik.

“Terkait kabinet masih sangat solid karena saya dengan berbagai menteri kolega di kabinet sampai sekarang juga kita masih bekerja dan seluruhnya dengan arahan bapak presiden,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar ini.

Mahfud Mundur

Sebelumnya diberitakan, Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 03, Mahfud Md menyatakan mundur dari kursi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Surat pengunduran diri sudah ia cetak dan tinggal menunggu jadwal bertemu Presiden Joko Widodo.

“Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya,” kata Mahdud lewat siaran langsung dari Lampung, Rabu (31/1).

Mahfud menyebut saat ini Jokowi tengah berada di luar Jakarta hingga Kamis, sehingga ia baru bisa menyerahkan surat pengunduran diri pada Kamis, atau segera setelah Jokowi kembali ke Istana.

Respons Jokowi

Menanggapi hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, kabinet yang dipimpinnya tetap solid. Hal itu dia sampaikan usai Mahfud Md resmi memastikan langkahnya untuk mundur dari jabatan Menko Polhukam.

“Sangat solid,” ujar Jokowi kepada media di Yogyakarta, Rabu (31/1).

Baca Juga :   Jokowi Akan Hadiri KTT OKI di Arab Saudi Bahas Gaza

Meski sudah mendeklarasikan diri untuk mundur, Jokowi memastikan dirinya belum menerima laporan resminya.

“Sampai detik ini saya belum mendapat laporan,” jelas Jokowi.

Meski begitu, Jokowi mengaku akan menerima semua keputusan Mahfud jika sudah menjadi tekad yang bulat. Sebab untuk tetap berada di kabinet atau mundur adalah haknya.

“Itu hak dan saya sangat menghargai,” dia menandasi.

Sumber:Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *