TravelViral

Kereta Api Berkecepatan Tinggi di Atas Air Pertama di China Resmi Diluncurkan

MACANBOLA.NEWS – Ambisi China dalam menghadirkan transportasi terdepan memang tidak ada habisnya. Terbaru, Negeri Tirai Bambu ini meluncurkan jalur kereta api berkecepatan tinggi sepanjang 277 kilometer di sepanjang pantai tenggara, yang menghubungkan Kota Zhangzhou, Xiamen, dan Fuzhou yang berada di Provinsi Fujian.

Dilansir CNN, kereta ini memulai debutnya pada 28 September lalu, yang berangkat dari Fuzhou, Ibu Kota Provinsi, pada pukul 09.15 waktu setempat. Kereta ini memiliki kecepatan maksimum di sepanjang rute sebesar 350 kilometer per jam.

Tak hanya itu, kereta api baru ini juga memiliki 84 jembatan dan 29 terowongan, ditambah jalur sepanjang 20 km yang melintasi laut. Hal ini pula yang menjadikannya kereta peluru di atas air pertama di China.

China Railway mengatakan bahwa mereka menggunakan robot cerdas dan baja tahan korosi yang ramah lingkungan untuk membangun bagian rel di atas air. Jalur ini juga merupakan satu dari banyak proyek infrastruktur yang digembar-gemborkan oleh Pemerintah China pada tahun 2016, ketika inisiatif kereta api “Delapan Horizontal dan Delapan Vertikal” diumumkan.

Sementara itu, Fujian menjadi salah satu provinsi yang penting karena merupakan bagian terdekat dari daratan China dengan Pulau Taiwan yang mempunyai pemerintahan sendiri. Sedangkan Xiamen hanya berjarak 10 km melintasi Selat Taiwan dari Kinmen, wilayah paling barat Taiwan.

Sumber : Kumparan

 

Baca Juga :   Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Banyu Meneng Malang

One thought on “Kereta Api Berkecepatan Tinggi di Atas Air Pertama di China Resmi Diluncurkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *