Politik

Ketua KPU Lantik Anggota KPU Kabupaten/Kota di 9 Provinsi Indonesia

MACANBOLA.NEWS – Ketua KPU Hasyim Asy’ari resmi melantik anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota di 9 provinsi periode 2023-2028. Mereka akan langsung menghadapi masa orientasi usai pelantikan.

Pantauan detikcom, pukul 16.15 WIB, Senin (30/10/2023), pelantikan itu dilakukan di halaman kantor KPU, Jakarta Pusat. Terlihat jejeran komisioner KPU, Perwakilan dari Bawaslu dan DKPP turut hadir dalam pelantikan itu.

Pelantikan diawali dengan atraksi marching band. Kemudian seluruh anggota KPU dari 9 provinsi memasuki halaman kantor KPU.

Awalnya, sebagai bentuk simbolis, 4 perwakilan anggota KPU yang dilantik menandatangani berita acara dihadapan jejeran Komisioner KPU. Lalu seluruh anggota KPU mengucapkan sumpah secara bersama-sama.

Hasyim mengatakan, setelah para peserta itu dilantik selanjutnya mereka akan masa orientasi. Sebab, penetapan calon tetap anggota legislatif akan segera dilakukan.

“Biasanya setelah pelantikan begini segera diikuti dengan orientasi tugas. Karena kita sama-sama tahu nanti pada 3 November 2023 kita sama-sama KPU pusat KPU provinsi kabupaten kota melakukan kegiatan yaitu apa, penetapan daftar calon tetap anggota DPR RI DPD DPRD Provinsi dan kabupaten kota,” kata Hasyim dalam pidatonya di Halaman Kantor KPU.

Ia menuturkan, mereka yang sudah dilantik akan segera melakukan rapat koordinasi (rakor). Nantinya, dalam rapat tersebut akan membahas desain surat suara yang akan digunakan dalam pemilu 2024 mendatang.

“Kami laporkan teman-teman kab/kota yang dilantik barusan, tanpa harus menunggu bilangan hari tapi nanti malam sebagian besar mengikuti rakor untuk pencermatan daftar calon tetap, persiapan daftar calon tetap keperluan untuk desain surat suara,” imbuhnya.

“Dari ketua dan divisi teknis dalam rakor dan kemudian Hardcopy dibawa pulang untuk dikordinasikan dan minta approval persetujuan pimpinan parpol. Tapi nanti malam sudah mulai bekerja harus cermat teliti hati-hati. Karena apa, Ini menunjukkan puncak keg pemilu. Karena nanti begitu selesai itu semua, insyaallah mulai 10 November, surat suara mulai dicetak dan didistribisikan ke 2749 daerah,” pungkasnya.

Baca Juga :   Maklumat Alumni Perguruan Tinggi Nilai Jokowi Tidak Pernah Cederai Demokrasi

 

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *