Dunia

Korea Selatan Melaporkan Peluncuran Rudal Terbaru dari Korea Utara

MACANBOLA.NEWS – Militer Korea Selatan melaporkan bahwa Korea Utara telah melakukan peluncuran beberapa rudal penjelajah ke Laut Kuning pada Sabtu pagi.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan menyatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan analisis terperinci mengenai peristiwa peluncuran ini bersama badan-badan intelijen Amerika Serikat. Peluncuran ini merupakan satu lagi episode dari serangkaian tes rudal dan latihan militer yang telah dilakukan oleh Korea Utara dalam beberapa minggu terakhir. Salah satu insiden mencakup peluncuran satelit mata-mata bulan lalu yang sayangnya gagal.

Sebagai respons terhadap peluncuran benda yang oleh Korea Utara disebut sebagai roket luar angkasa pada Agustus, pemerintah Korea Selatan telah memberlakukan sanksi terhadap lima individu dari Korea Utara dan satu perusahaan.

Sebelumnya, pada Kamis (31/8), media milik negara Korea Utara, KCNA, melaporkan bahwa Korea Utara telah melakukan simulasi “pembumihangusan” serangan nuklir terhadap berbagai sasaran di Korea Selatan. Tindakan ini telah memicu kritik dari pihak Korea Selatan.

Latihan militer tahunan bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat, yang dikenal dengan nama Ulchi Freedom Shield, baru saja berakhir pada Kamis. Selama 11 hari, kedua negara telah melaksanakan latihan pertahanan udara dengan melibatkan pesawat pengebom B-1B.

Korea Utara merespons penggunaan pesawat pengebom strategis Amerika Serikat dengan meluncurkan dua rudal balistik hanya beberapa jam setelah pesawat-pesawat tersebut diterbangkan. Pyongyang telah lama mengutuk latihan ini sebagai latihan perang yang provokatif.

Sumber: Reuters

Baca Juga :   Al-Qassam Hancurkan Seribu Lebih Kendaraan Israel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *