Politik

Lembaga ASI Rilis Survei Capres soal Isu Maritim, Begini Hasilnya

MACANBOLA.NEWS – Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei bertema ‘Persepsi Publik Terhadap Visi Maritim Capres 2024’. Lalu, seperti apa pandangan responden survei ASI terhadap Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di isu maritim?
Survei dilakukan pada 15-21 Oktober 2023 di 34 provinsi dengan metode penarikan sampel random digit dialing (RDD). Responden berjumlah 1.200 orang dengan margin of error plus minus 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini melibatkan warga Indonesia berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah sebagai respondennya. Survei dilakukan dengan cara telesurvei yakni wawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner oleh enumerator.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI) Ali Rif’an menjelaskan 3 alasan survei dilakukan terkait isu maritim. Dia mengatakan alasan pertama yakni isu maritim belum menjadi prioritas pembangunan ekonomi.

“Pertama adalah secara geografi jelas, Indonesia itu laut lebih luas daripada darat. Jadi kalau kita cek data itu ada 62 persen Indonesia itu terdiri dari laut, tetapi kalau kita perhatikan urusan laut belum menjadi prioritas pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi kita masih di darat, itu menjadi dasar kita, kenapa isu maritim menjadi penting. Isu maritim juga pernah muncul dulu 2014 tapi 10 tahun terakhir diskursus maritim tenggelam dan hari ini kita merasa penting untuk mengangkat kembali diskursus soal maritim, itu pertama,” kata Ali Rif’an di Sofyan Hotel, Jalan Cut Mutia, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (23/11/2023).

Ali mengatakan alasan kedua yakni bidang maritim menjadi penopang ekonomi nasional saat masa pandemi COVID-19. Kemudian, alasan ketiga yakni terkait demografi Indonesia.

“Yang kedua, kita mengangkat tema maritim karena di pandemi kemarin ya 2 tahun pandemi, sektor maritim salah satu sektor yang menurut saya tetap stabil di tengah badai pandemi, bahkan sektor maritim penopang ekonomi nasional saat pandemi 2 tahun,” kata Ali.

Baca Juga :   Dukung Bahlil, DPR Sebut Cadangan Nikel Indonesia Masih Melimpah

“Alasan ketiga adalah soal demografinya, rupanya kalau kita cek ya, kemarin tahun 2022 di bulan Agustus kita pernah melakukan survei yang juga memotret sebenernya berapa jumlah warga pesisir, atau warga maritim. Menurut temuan survei kita di tahun 2022, per Agustus, itu disebutkan bahwa 34,4 persen penduduk kita itu tinggal atau mencari mata pencarian itu di pesisir, laut dan ikan,” lanjutnya.

Hasil Survei

Responden awalnya diberikan pertanyaan ‘Menurut bapak/ibu/saudara, di antara nama-nama capres 2024 di bawah ini, siapakah yang paling peduli dengan isu kelautan dan perikanan (maritim)?’. Berikut hasil surveinya:

1. Ganjar Pranowo 33,0%
2. Prabowo Subianto 32,3%
3. Anies Baswedan 24,7%
Tidak tahu/tidak jawab 10,0%

Hasil survei capres yang paling mampu mengelola sektor maritim:
1. Ganjar Pranowo 32,3%
2. Prabowo Subianto 30,3%
3. Anies Baswedan 26,0%
Tidak tahu/tidak jawab 11,3%

Hasil survei capres yang sudah punya kontribusi di sektor maritim:
1. Ganjar Pranowo 31,7%
2. Prabowo Subianto 30,3%
3. Anies Baswedan 25,0%
Tidak tahu/tidak jawab 13,0%

Hasil survei capres yang paling menjadikan sektor maritim sebagai penunjang utama menuju Indonesia Emas 2045:
1. Prabowo Subianto 35,0%
2. Ganjar Pranowo 31,7%
3. Anies Baswedan 24,3%
Tidak tahu/tidak jawab 9,0%

Hasil survei capres yang paling mampu membawa isu maritim Indonesia ke kancah internasional:
1. Anies Baswedan 30,7%
2. Prabowo Subianto 30,3%
3. Ganjar Pranowo 29,0%
Tidak tahu/tidak jawab 10,0%

 

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *