Olahraga

Marc Marquez Tidak Bisa Mengembangkan Motor Alasan Honda Akhirnya Rekrut Johann Zarco?

MACANBOLA.NEWS – Bergabungnya Johann Zarco ke Honda pada tahun 2024 nanti membuktikan kalau Honda butuh rider yang bisa mengembangkan motor.

Sejak hengkangnya Dani Pedrosa pada akhir 2018 rider tim Repsol Honda dan LCR Honda memang sering bongkar-pasang. Ada nama-nama seperti Jorge Lorenzo, Alex Marquez, Pol Espargaro dan terakhir Joan Mir untuk menemani Marc Marquez di Repsol Honda.

Sementara di LCR Honda Cal Crutchlow membalap sampai akhir 2020 sebelum digantikan Alex Marquez sampai 2022 dan kini ada Joan Mir. Joan Mir sendiri sudah dipastikan cabut dan bakal digantikan Johann Zarco mulai musim 2024 nanti.

Honda memang terlihat butuh rider yang solid dalam mengembangkan Honda RC213V, karena kalau hanya mengandalkan Marc Marquez dan test rider Stefan Bradl kini mereka terlihat hancur-hancuran.

Soal pengalaman memang Johann Zarco ini terbilang paten, meskipun ia belum pernah menang satu kalipun di ajang MotoGP. Johann Zarco jadi pembalap pertama yang memenangkan kelas Moto2 selama dua tahun beruntun.

Bahkan belum ada pembalap lain yang bisa menyamai prestasi Zarco di kelas Moto2 tersebut. Johann Zarco Naik ke kelas MotoGP pada tahun 2017 bersama Yamaha Tech 3.

Pada tahun 2019 ia pindah ke KTM tapi hanya bertahan 13 race sebelum ia gabung ke Honda LCR pada tiga race terakhir sebagai pembalap pengganti Takaaki Nakagami.

Setelah tidak dapat kursi di tim besar, ia memutuskan gabung ke tim papan bawah Avintia Esponsorama Ducati, pakai motor usia satu tahun lebih tua eh malah Johann Zarco sudah dapat podium pada balapan ketiganya.

Ia kemudian naik ke Pramac Ducati pada musim 2021 dan cukup tampil konsisten sampai saat ini. Tapi Ducati enggan memperpanjang kontrak Zarco lebih dari tahun 2024 di MotoGP karena usianya yang dirasa sudah terlalu uzur.

Baca Juga :   Diskon 10 Persen Untuk Pembelian Tiket MotoGP Mandalika 2023

Makanya ketika tawaran Honda datang ia tidak pikir panjang karena bisa bertahan di MotoGP sampai tahun 2025 atau saat usianya mencapai 35 tahun.

Johann Zarco bisa dibilang adalah pembalap paket lengkap dengan pengalamannya di ajang MotoGP, karena ia nyaris pernah mengendarai semua motor yang turun di ajang MotoGP.

Selain mengendarai Yamaha, KTM dan Ducati Johann Zarco juga sempat melakukan tes bersama Suzuki pada tahun 2016. Artinya hanya Aprilia saja yang belum pernah dikendarai oleh Johann Zarco di ajang MotoGP.

Pengalaman dari Zarco itulah yang kini tengah dibutuhkan oleh Honda untuk bisa mengembangkan RC213V yang makin terseok-seok di papan bawah klasemen semenjak kepergian Dani Pedrosa.

Sejak Dani Pedrosa cabut dan hijrah ke KTM malah motor KTM yang kini bersaing untuk papan atas melawan Ducati dan Aprilia. Jadi Zarco kini harus membuktikan kalau ia bisa membayar kepercayaan Honda kepadanya sampai tahun 2025 nanti untuk mengembalikan kejayaan Honda di MotoGP.

Sumber : motorplus-online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *