OlahragaSepak Bola

Napoli Dukung European Super League?

MACANBOLA.NEWS – Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis dilaporkan siap membuka diskusi dengan inisiator European Super League (ESL). Namun, pihak klub belum mengumumkan sikap resmi mereka soal ESL.

ESL bukan barang baru di sepak bola Eropa. Proyek ini sudah diluncurkan sejak beberapa tahun lalu. Namun, proyek itu mendapat banyak tentangan dari liga-liga top Eropa, termasuk pihak klub.

Sempat tenggelam, wacana menggulirkan ESL kembali mencuat dalam beberapa hari terakhir. Salah satu penyebabnya adalah keputusan European Court of Justice soal otoritas UEFA dan FIFA pada kasus jika ada klub ambil bagian di ESL.

Beberapa klub telah mengambil sikap. PSG menolak proyek tersebut. Manchester United dan Bayern Munchen juga punya sikap yang sama. Begitu juga dengan Feyenoord dan Inter Milan.

Napoli Ikut ESL?

Napoli hingga saat ini belum menyatakan sikap mereka soal ESL. Hal yang sama juga terjadi ketika ESL mencuat pada tahun 2021 lalu.

Dikutip dari ANSA, Napoli terbuka dengan proyek ESL. Presiden De Laurentiis bahkan disebut menyambut proyek ini dengan baik. De Laurentiis siap ambil bagian dalam diskusi soal proyek ESL.

De Laurentiis punya keinginan membangun proyek bersama dengan klub-klub top Eropa. “Dia mendukung Liga Super sebagai turnamen alternatif dengan kriteria meritokratis,” tulis ANSA.

De Laurentiis sendiri diketahui acap kali berbeda pendapat dengan UEFA dan FIFA.

ESL Banyak Ditolak

Napoli mungkin mendukung proyek ESL. Lalu, ada Real Madrid dan Barcelona yang teguh mengawal proyek ini. Namun, sejauh ini, ada banyak klub top Eropa yang secara resmi menyatakan sikap menolak ESL.

Berikut adalah daftar klub yang menolak ESL:

Manchester United
Manchester City
Tottenham
Chelsea
Celtic
Porto
Sevilla
Valencia
Atletico Madrid
Real Sociedad
Villarreal
Bayern Munchen
Dortmund
PSG
Monaco
Inter Milan
AS Roma
Atalanta
Feyenoord

Baca Juga :   Ivan Toney Masuk Daftar Belanja Musim Panas Manchester United

Sumber : Bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *