Viral

Pelajaran dari Emak-emak ‘Kawal’ Fortuner Putar Balik-Geser Barier di Tol

MACANBOLA.NEWS – Viral mobil Fortuner hitam yang putar balik di tol sampai buka pembatas, diduga karena pintu keluar tol terlewat. Berkaca dari kejadian tersebut, apa yang harus dilakukan?
Dikutip dari detiksumbagsel, peristiwa itu terjadi di ruas tol Indralaya-Prabumulih KM 26. Peristiwa terjadi berjarak sembilan kilometer dari simpang susunan gerbang tol Indralaya, Ogan Ilir, Kamis (7/9).

Aksi nekat putar balik mobil SUV ladder frame hitam itu diduga karena kelewatan pintu keluar tol. Diduga mobil melaju dari arah Palembang hendak keluar di gerbang tol Indralaya, namun terlewat sehingga memutuskan untuk putar balik.

“Kalau kejadian itu sepertinya kemarin (7/9). Di Jalur dari Palembang menuju ke Prabumulih, tepatnya masuk wilayah Kabupaten Ogan Ilir. Dugaan sementara mungkin seperti itu (mau keluar di gerbang tol Indralaya, tapi kelewatan),” kata Panit Ditlantas Polda Sumsel ruas Tol Indraprabu, Ipda Adi Malau.

Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan seharusnya pengendara yang terlewat gerbang keluar tol mencari alternatif lain. Memaksa keluar di gerbang tol yang terlewat justru bisa memicu kecelakaan.

“Keluar di pintu berikutnya lebih jauh, tapi fix lebih aman,” tegas Sony.

Sony juga menyarankan, jika hendak mengambil pintu keluar tol, biasakan pula melaju di lajur kiri agar mudah membaca rambu atau petunjuk arah.

Agar tidak terlewat keluar tol, Sony menyarankan pengendara untuk selalu melakukan perencanaan perjalanan dengan matang.

“Tekankan untuk tidak melanggar aturan lalu lintas. Ketika kendaraan sudah terlewat belokannya, jangan berhenti bahkan sampai mundur atau gilanya putar arah berlawanan. Terus aja cari arah keluar di depannya. Memang lebih jauh tapi itu konsekuensi terhadap keselamatan bersama,” ujarnya.

Baca Juga :   Di Australia, Helikopter Terbang Rendah Bisa Picu Buaya 'Pesta Seks', Kok Bisa?

PT Hutama Karya menanggapi aksi emak-emak geser barrier jalan untuk Fortuner putar balik di ruas Tol Indraprabu KM 26. Pihak pengelola akan memberikan sanksi denda.

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo menyayangkan aksi membahayakan itu. Pihaknya akan memberikan tindakan tegas.

“Terkait dengan kejadian tersebut kami sangat menyayangkan dan akan menindak tegas kendaraan yang menerobos pagar pembatas untuk putar balik di jalan tol,” ungkapnya.

“Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Polres Ogan Ilir & PJR Polda Sumsel sedang melakukan investigasi di lapangan terkait identitas kendaraan yang melakukan pelanggaran tersebut di mana sebelumnya Hutama Karya telah memasang larangan putarbalik dan barrier sebagai pembatas,” tegasnya.

Menurutnya putar balik di tol merupakan tindakan pelanggaran lalu lintas yang sudah diatur pemerintah. Pengendara yang melakukan perbuatan itu wajib diberikan sanksi dikenakan denda dua kali lipat dari tarif jarak terjauh di ruas tol tersebut.

“Adapun putar balik di jalan tol tidak diperbolehkan dan menyalahi Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, di mana kendaraan yang putar balik akan mendapatkan sanksi Asal Gerbang Salah (AGS) dan dikenakan denda dua kali lipat dari tarif jarak terjauh di ruas tol tersebut,” kata dia.

Sumber : Detik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *