Olahraga

Pelatih Akui Vietnam Diuntungkan Skuad Seadanya Timnas Indonesia U-23

MACANBOLA.NEWS – Anh Tuan sengaja memainkan banyak pemain muda untuk menguras stamina penggawa timnas U-23 yang sudah kedodoran.

Pelatih Vietnam Hoang Anh Tuan mengakui keberhasilan menjadi juara Piala AFF U-23 2023 tidak lepas dari kondisi pincang skuad timnas Indonesia U-23 akibat kehilangan banyak pemain.

Skuad timnas U-23 sudah tereduksi sejak turnamen belum dimulai. Hal itu disebabkan Titan Agung dan Komang Teguh terpaksa dipulangkan, karena menjalani sanksi dari konfederasi sepakbola Asia (AFC) terkait kericuhan di final SEA Games 2023.

Jumlah itu makin menyusut dengan cedera yang dialami Irfan Jauhari dan Bagas Kaffa, sehingga Shin Tae-yong tidak mempunyai banyak pilihan. Akibatnya, hanya ada tujuh pemain cadangan di bench, dua di antaranya adalah penjaga gawang. Situasi itu dimanfaatkan Anh Tuan untuk menguras tenaga pemain timnas U-23.

“Saat saya menonton Indonesia U-23, saya melihat mereka memainkan tiga pertandingan dengan tiga formasi berbeda. Dari tiga pertandingan itu, tim yang mengalahkan Thailand yang terbaik. Ini (final) pertandingan penting, jadi mereka pasti menurunkan yang terbaik,” beber Anh Tuan.

“Kami juga harus menggunakan 11 pemain terbaik, dan hanya memasukkan pemain muda ke lapangan di perpanjangan waktu. Kami menentukannya bukan secara asal-asalan. Situasi memang berpihak ke Vietnam U-23, karena yang saya tahu, stamina dan kebugaran Indonesia U-23 sudah jauh menurun setelah melawan Thailand.”

“Kalau dilihat dari daftar pemainnya, mereka punya tujuh pemain cadangan, dan itu termasuk dua kiper. Jadi, mereka cuma punya lima pilihan tersisa. Beberapa pemain starter mereka sedang tidak dalam kondisi yang baik.”

Anh Tuan pun semringah dengan keberhasilan Vietnam mempertahankan gelar juara Piala AFF U-23. Apalagi hasil itu diperoleh ketika ia menukangi tim nasional, meski hanya kelompok umur.

Baca Juga :   Prediksi Napoli vs Union Berlin 9 November 2023

“Saya sangat senang, karena saya sendiri baru pertama kali meraih juara di level tim nasional. Kedua, sesuai strategi VFF, turnamen ini kami menggunakan pemain muda. Ada pemain berusia 17, 18, dan 19 tahun yang diberi banyak kesempatan bermain. Ini membuat saya sangat bahagia,” tutur Anh Tuan.

“Vietnam U-23 memenangkan kejuaraan dengan mengandalkan banyak pemain muda dibandingkan tim lain. Mungkin, kami memenangkan kejuaraan dengan skuad termuda di turnamen.”

Sumber : goal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *