OlahragaSepak Bola

Pembagian Pot Drawing Euro 2024: Potensi Grup Neraka

MACANBOLA.NEWS – Euro 2024 dipastikan bakal sangat seru. Sebab, ada potensi tercipta ‘grup negara’ karena tim besar seperti Belanda dan Italia berada di luar pot 1 dan 2 dalam proses drawing.

Sebanyak 20 negara dipastikan lolos Euro 2024 lewat babak kualifikasi. Satu tim lolos dengan status tuan rumah, Jerman. Sedangkan, tiga negara lain akan diambil lewat babak play-off.

Italia, sang juara bertahan, harus berjuang ekstra untuk bisa lolos ke Euro 2024. Italia menjadi runner-up Grup C pada babak kualifikasi. Italia, dengan 14 poin, hanya unggul head to head dari Ukraina.

Siapa di Pot 1?

Euro 2024 akan digelar di Jerman. Sebagai tuan rumah, Jerman punya keuntungan lolos otomatis ke fase grup. Jerman tak perlu menjalani laga kualifikasi. Mereka juga pasti berada di pot 1 dan Grup A pada babak drawing.

Selain Jerman, ada lima negara lain yang ada di Pot 1. Lima negara itu diambil dari juara grup terbaik pada babak kualifikasi yakni Portugal, Prancis, Spanyol, Belgia, dan Inggris.

Sementara, juara grup peringkat 6-10 akan berada di pot 2 yakni Hungaria, Denmark, Albania, Austria, dan Turki.

Drawing fase grup Euro 2024 akan digelar di Elbphilharmonie di Hamburg, 2 Desember 2023 mendatang.

Potensi Grup Neraka di Euro 2024

Italia dan Belanda gagal finis sebagai juara grup pada babak kualifikasi. Nah, hal ini membuat mereka terlempar dari Pot 1 dan 2. Situasi ini memunculkan potensi grup nekara di Euro 2024.

Belanda berada di Pot 3. Belanda finis di belakang Prancis pada babak kualifikasi, dengan 15 poin. Sedangkan, Italia berada di antara Pot 3 dan 4, menunggu tim yang lolos dari babak play-off.

Baca Juga :   Rekap Hasil Lengkap Kualifikasi Euro 2024 dan Jadwal Play Off

Nah, jika Italia berada di pot 4, maka ada potensi grup neraka di Euro 2024. Italia bisa satu grup dengan Belanda, Denmark, dan Portugal. Italia juga bisa berjumpa Inggris, lawan yang dikalahkan pada final Euro 2020 lalu.

Pembagian Pot Drawing Euro 2024

Pot 1
Jerman (tuan rumah)
Portugal
Prancis
Spanyol
Belgia
Inggris

Pot 2
Hungaria
Denmark
Albania
Austria

Pot 2 atau 3
Turki

Pot 2 atau 4
Rumania
Swiss

Pot 3
Skotlandia
Slovenia
Slovakia
Republik Ceko
Belanda

Pot 3 atau 4
Italia

Pot 4
Serbia
Play-off A
Play-off B
Play-off C

Sumber : Bola.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *