Teknologi

Pengguna Android Ogah Pindah ke iPhone 15 meski Pakai USB-C

MACANBOLA.NEWS – Bedasarkan survei, pengguna Android ogah pindah ke iPhone 15 meski Apple membekali port USB Type-C untuk konektor pengisi dayanya. Bila bocoran ini akurat, iPhone 15 series bakal menjadi lini iPhone pertama yang meninggalkan port Lightning.

Sekaligus, ini bakal menandai pertama kalinya iPhone 15 series memiliki lubang charger yang sejenis dengan kebanyakan ponsel Android saat ini. Kendati demikian, kemiripan lubang charger itu tampaknya tak cukup mampu menarik minat sebagian pengguna Android untuk beralih ke iPhone 15.

Hal itu terungkap dari riset terbaru Sell Cell, situs jual ponsel dan pembanding harga HP dari Amerika Serikat.

Sell Cell mengadakan survei kepada 1.000 pemilik HP Android dan 1.000 pemilik iPhone di AS untuk menjawab pertanyaan utama. Akankah pemilik ponsel Meng-upgrade ke iPhone 15 jika Apple pindah ke USB-C?

Dari hasil survei, sebanyak 569 orang (55,62 persen), tidak berniat untuk membeli iPhone 15, bila benar menggunakan USB Type-C.

Bahkan, dari 1.000 responden, 420 orang di antaranya mengaku “senang dengan HP Android dan tidak akan beralih ke iPhone”.

Namun, di sisi lain, ada 454 orang pemilik Android yang merasa akan tergoda untuk beralih dan membeli iPhone 15, bila ponsel ini benar-benar membawa pengisian daya USB-C.

Adapun alasan responden pemilik Android tergoda dengan iPhone 15 dengan USB-C adalah iPhone 15 akan kompatibel dengan pengisi daya yang digunakan oleh perangkat non-Apple.

Alasan lain, USB-C akan membuat kecepatan transfer data menjadi lebih cepat (15,42 persen responden). Ponsel akan mengisi daya lebih cepat (12,33 persen responden) dan memungkinkan pengguna saling meminjamkan charger dengan sesama anggota (sisa responden).

Pada akhirnya, ada 34,12 persen (349 orang) pemilik Android yang berniat membeli iPhone 15 dengan USB-C, sedangkan 65,88 persen sisanya (674 orang) tidak berniat membeli iPhone 15.

Baca Juga :   Tablet Murah Redmi Pad SE Bakal Masuk Indonesia 5 September, Ini Bocoran Spesifikasinya

Lebih banyak pengguna iPhone bakal upgrade ke iPhone 15

Survei Sell Cell juga mengungkap minat pemilik iPhone untuk upgrade ke iPhone 15 dengan USB-C.

Dari 1.000 responden, ada 62,8 persen (665 orang) termotivasi untuk upgrade iPhone mereka karena keberadaan USB-C.

Sisanya, sekitar 394 responden (37,2 persen) mengaku tidak termotivasi untuk meng-upgrade iPhone miliknya ke iPhone 15 dengan port USB-C.

Salah satu alasan pengguna iPhone ingin beralih ke iPhone 15 karena bisa menggunakan satu kabel pengisi daya yang sama.

Alasan lainnya karena iPhone 15 dengan USB-C akan kompatibel dengan pengisi daya yang digunakan oleh perangkat non-Apple.

Pada akhirnya, survei Sell Cell mencatat ada 702 responden pemilik iPhone (66,35 persen) yang mengaku berniat membeli iPhone 15 dengan USB Type-C.

Survei Sell Cell soal “Akankah pemilik ponsel Meng-upgrade ke iPhone 15 jika Apple pindah ke USB-C?” selengkapnya bisa dibaca lewat tautan berikut ini.

Pakai USB-C demi patuhi aturan Eropa?

Indikasi iPhone 15 series mengganti port Lightning ke port USB C, menguat setelah Apple terpaksa mematuhi aturan di Eropa.

Aturan tersebut mewajibkan semua vendor elektronik menggunakan port USB Type-C apabila ingin memasarkan produknya di Benua Biru. Peraturan ini telah disahkan menjadi Undang-undang (UU) oleh Komisi Uni Eropa pada Juni 2022 dan akan berlaku efektif pada 2024 mendatang.

Selain USB-C, bocoran spesifikasi iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max lainnya adalah soal desain depan. Kabarnya, keempat model akan kompak memiliki layar dengan Dynamic Island. Tahun lalu, Dynamic Island debut dan hanya eksklusif terdapat di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max saja.

Baca Juga :   Netizen China Lebih Pilih Huawei Mate 60 Pro Ketimbang iPhone 15

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *