OlahragaSepak Bola

Persebaya Dari Zona Degradasi ke Puncak Klasemen BRI Liga 1 2023/2024

MACANBOLA.NEWSPersebaya Surabaya telah menjalani perjalanan menarik dalam BRI Liga 1 2023/2024. Awalnya, mereka merasakan getirnya ketika berada di zona degradasi. Namun, saat ini, mereka menemukan titik balik yang menggembirakan dalam kompetisi tersebut.

Mengawali musim ini, Persebaya mencatat kemenangan yang meyakinkan saat bertandang ke markas Persis Solo pada tanggal 1 Juli 2023. Namun, di pertandingan selanjutnya, performa mereka mulai menurun.

Bajul Ijo harus puas bermain imbang 1-1 di hadapan pendukungnya sendiri ketika menghadapi Barito Putera pada pekan kedua, tanggal 8 Juli 2023. Bahkan, kekalahan 0-2 dari PSIS Semarang pada tanggal 16 Juli 2023 membuat semangat mereka semakin meredup.

Tidak hanya itu, hasil imbang 2-2 dengan RANS Nusantara pada pekan keempat, tanggal 23 Juli 2023, dan kekalahan tipis 0-1 dari Persija Jakarta pada tanggal 30 Juni 2023, semakin memperburuk situasi Persebaya.

Dalam kondisi sulit ini, manajemen klub mengambil langkah drastis dengan memberikan ultimatum kepada pelatih Aji Santoso. Mereka meminta tujuh poin dari tiga pertandingan berikutnya melawan Persikabo 1973, Bhayangkara FC (8 Agustus 2023), dan Persita Tangerang (12 Agustus 2023).

Namun, harapan itu pupus ketika Persebaya mengalami kekalahan di kandang sendiri saat menghadapi Persikabo. Mereka hanya mengumpulkan lima poin dari enam pertandingan, dan berada di peringkat ke-16 dalam klasemen sementara, terancam degradasi.

Aji Santoso pun harus melepaskan posisinya, dan Uston Nawawi ditunjuk sebagai pelatih interim. Keputusan ini menjadi titik balik penting dalam perjalanan Persebaya.

Di bawah arahan Uston Nawawi, Persebaya mampu menunjukkan peningkatan signifikan. Mereka memulai dengan kemenangan impresif 2-1 di markas Bhayangkara FC, yang juga sedang dalam tren negatif.

Prestasi ini diikuti oleh dua kemenangan beruntun dengan skor identik 1-0 saat menjamu Persita Tangerang (12 Agustus 2023) dan PSM Makassar (18 Agustus 2023). Performa apik ini memberikan kepercayaan diri pada pemain untuk tampil lebih agresif.

Baca Juga :   Prediksi Sassuolo vs AS Roma 4 Desember 2023

Meskipun rentetan kemenangan itu terhenti dengan hasil imbang 0-0 di markas PSS Sleman pada pekan ke-10, Persebaya tetap berusaha keras untuk meraih poin.

Kemudian, mereka menghadapi Borneo FC yang sedang dalam performa bagus. Namun, Persebaya berhasil mengejutkan dengan kemenangan 2-1, dengan gol-gol dari Bruno Moreira dan Ze Valente.

Permainan apik Persebaya saat menghadapi Borneo FC menunjukkan bahwa kehadiran Uston Nawawi telah memberikan dampak positif pada tim. Bruno Moreira bisa menjadi bintang utama, tetapi seluruh skuat turut berkontribusi.

Dengan perubahan signifikan ini, Persebaya berhasil keluar dari zona degradasi dan kini menduduki peringkat keenam dalam klasemen sementara dengan 18 poin dari 11 pertandingan. Mereka hanya terpaut lima poin dari pemuncak klasemen, Madura United, yang memiliki 23 poin.

Selanjutnya, Persebaya akan menghadapi Madura United dalam Derbi Suramadu di Stadion Gelora Bangkalan pada tanggal 17 September 2023. Ini adalah pertandingan yang dinanti-nantikan untuk melihat sejauh mana Persebaya dapat melanjutkan tren positif mereka.

Sumber : Bola.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *