Politik

Politikus NasDem Sahroni Usul Semua Capres-Cawapres Diperiksa, Ini Respons KPK

MACANBOLA.NEWS – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan pihaknya tidak bisa asal memeriksa seseorang, termasuk bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Hal ini merespons usulan Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Nasdem Ahmad Sahroni yang meminta KPK memeriksa semua bakal capres dan cawapres.

“Harus ada proses lebih dahulu, enggak bisa ujug-ujug (memeriksa) begitu. Penegak hukum enggak bisa tiba-tiba melakukan pemeriksaan,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Senin (11/9/2023).

Ahmad Sahroni meminta agar KPK tak tebang pilih dan memeriksa semua bakal capres-cawapres usai lembaga antirasuah memeriksa Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Bakal cawapres Koalisi Perubahan dan Perbaikan ini diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem proteksi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Ketenagakerjaan. Cak Imin diperiksa dalam kapasitasnya sebagai mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Ali mengatakan, pihaknya menghormati setiap pendapat masyarakat, termasuk Sahroni sebagai wakil rakyat. Hanya saja, Ali menyebut KPK tidak akan menanggapi lebih jauh yang berkaitan dengan proses politik. Ali hanya memastikan setiap proses hukum yang dilakukan KPK didahului dengan undang-undang yang berlaku.

“Sebagai pemahaman saja, dalam penegakan hukum tentu semua ada dasar dan prosesnya.

Soal Pemeriksaan Cak Imin

Berkaitan dengan pemeriksaan Cak Imin, menurut Ali tim penyidik membutuhkan keterangan Cak Imin untuk perbuatan para tersangka. Terlebih, kasus dugaan korupsi ini terjadi pada tahun 2012 saat Cak Imin mempimpin kementerian tersebut.

“Kami memanggil Muhaimin Iskandar sebagai saksi yang tentu sudah pasti ada dasar hukum pemanggilannya. Artinya, sudah sangat jelas itu jauh dari urusan pencapresan,” kata Ali.

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni mengusulkan KPK memeriksa Ketua Umum PKB bakal cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Sahroni menilai langkah ini untuk memastikan setiap pasangan calon yang maju benar-benar bersih dari kasus korupsi.

Baca Juga :   Jokowi Akan Bertemu Mahfud Md Sore Ini

“Sebagai pimpinan Komisi III sekaligus anggota partai, saya meminta KPK sekalian membuat program pemeriksaan terhadap semua capres dan cawapres.

Sumber : LIputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *