Teknologi

Ponsel Buatan Mobil Nio Bisa Jadi Kunci Mobil juga lho!

MACANBOLA.NEWS – Ponsel pertama buatan perusahaan mobil Nio asal China ini bisa jadi kunci mobil juga lho. Nio sendiri baru saja mengumumkan smartphone pertamanya pekan ini di sebuah acara besar di Tiongkok.

Pabrikan mobil EV asal China tersebut menyematkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 di dalam ponselnya dan tiga kamera mumpuni 50MP di bagian belakang.

Karena Nio merupakan perusahaan mobil, ia juga menjadikan Nio Phone berfungsi ganda sebagai kunci mobil yang berfungsi meskipun dimatikan. Eitss tunggu dulu, ni hanyalah salah satu dari lebih dari 30 fitur terkait kendaraan yang diaktifkan melalui aplikasi khusus.

Smartphone ini memiliki LTPO OLED 6,81 inci di bagian depan dengan kecepatan refresh hingga 120 Hz dan kecerahan puncak 1800 nits. Resolusinya 1440p. Ada RAM 12 GB atau 16 GB, sedangkan penyimpanannya 512 GB atau 1 TB.

Kamera Nio Phone

Desain pulau kamera tampil menyegarkan di ‘pasar’ melingkar dan persegi panjang. Ketiga kamera, bersama dengan lampu kilat LED, disejajarkan dalam formasi persegi. Kamera utama 50MP memiliki sensor Sony IMX707 dan OIS dan terletak di pojok kiri bawah.

Di kiri atas terdapat kamera sudut ultra lebar dengan Sony IMX766 dan FoV 110 derajat, sedangkan kamera ketiga, yang ditempatkan di sudut kanan bawah, adalah kamera telefoto periskop dengan sensor Sony IMX890, zoom optik 2,8x, dan OIS juga.

Punya Fitur Kendaraan Mobil

Nio Link adalah aplikasi yang bertanggung jawab atas semua fitur terkait mobil. Berkat teknologi UWB, mobil mengetahui saat ponsel pemiliknya berada di dekatnya dan secara otomatis mengunci dan membuka kunci.

Aplikasi ini juga menawarkan kontrol untuk AC, penyesuaian kursi, dan musik, dan tentu saja memberikan laporan status kapasitas baterai dan perkiraan jangkauan.
Nio Phone juga bisa ditempatkan di executive island pada mobil ES8, yang mana secara otomatis akan berubah menjadi layar kendali musik, cahaya sekitar, dan lain-lain.

Baca Juga :   Bocoran Desain Google Pixel 8 Pro Terpampang di Situs Web Resmi

Destinasi bisa ditentukan sebelumnya melalui aplikasi navigasi khusus, dan secara otomatis akan berpindah ke sistem hiburan begitu ponsel berada di dalam mobil.
Selain itu, ponsel bisa memanfaatkan kamera di sekitar mobil untuk merekam video lalu mengedit dan membagikannya.

Nio Phone juga bisa terhubung ke mobil sebagai layar eksternal, tempat aplikasi kedua dapat berjalan secara paralel. Layar besarnya bisa digunakan untuk video call bahkan bermain game.

Ponselnya sendiri memiliki Sky UI yang memiliki widget untuk memudahkan akses ke Nio Link.

Selain itu, antarmukanya terlihat baik, dan Nio mengatakan perangkat ini tidak memiliki iklan di sistemnya, juga tidak memiliki bloatware.

Karena akses mobil yang diperluas, Nio mengumumkan Phone ini akan memiliki langkah keamanan yang lebih ketat terhadap malware dan akan memiliki perlindungan enkripsi data yang lebih baik, baik di perangkat maupun di cloud.

Ponsel ini memiliki baterai 5.200 mAh dengan pengisian cepat kabel 66W dan nirkabel 50W, dan juga memiliki pengisian nirkabel terbalik. Perangkat ini juga bersertifikat IP68.

Pilihan Warna dan Harga

Nio Phone akan dijual dalam tujuh warna berbeda (Hitam, Biru Muda, Emas, Biru Tua, Hijau, Abu-abu, Rose Gold) ada yang memiliki panel kaca, ada pula yang hadir dengan tekstur seperti kulit di bagian belakang.

Harga awal adalah CNY6,499 (Rp13,7 juta) untuk versi 12/512 GB. Opsi 12 GB/1TB berharga CNY6,899 (Rp14,5 juta), sedangkan opsi 16 GB/1TB berharga CNY7,499 (Rp15,8 juta).

Sumber : Selular.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *