Politik

PPP Optimistis Ganjar Dipasangkan dengan Siapa Saja Hasilnya Bagus

MACANBOLA.NEWS – Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi atau Awiek optimistis, bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo yang didukung partainya akan memberikan hasil terbaik saat dipasangkan dengan siapa saja sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres).

Bukan tanpa sebab, pernyataan Awiek disampaikan menanggapi pemaparan hasil survei dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis kemarin.

“Hasil survei terbaru yang memetakan elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo, sebab hasil survei itu menunjukkan ada peluang Pak Ganjar sangat berpeluang saat dipasangkan dengan siapapun,” kata Awiek dalam keterangan diterima, Sabtu (16/9/2023).

Awiek optimistis, saat Ganjar berpasangan dengan kadernya yakni Sandiaga Uno maka hasilnya akan luar biasa. Namun Awiek menyayangkan, survei tidak memetakan hal tersebut.

“Saya yakin kalau Pak Ganjar disandingkan dengan Pak Sandi hasilnya pasti lebih besar (dari Ganjar-RK),” ujar Awiek.

Menurut dia, survei kurang dapat melihat peta konstelasi. Sebab survei hanya menghitung suara responden yang sudah dipetakan dengan tiga nama yakni Ganjar-Ridwan Kamil, Prabowo-Erick Thohir dan Anies-Gus Muhaimin.

“Kalau mau fair Ganjar dengan yang lainnya supaya kita bisa menilai,” ucap politikus senior PPP ini menandasi.

Sebagai informasi, nama Ganjar paling tinggi saat dipasangkan dengan Ridwan Kamil yaitu (35.4%). Kemudian Prabowo-Erick (31.7%) dan Anies-Gus Imin (16.5%).

Diketahui, SMRC dilakukan melalui telepon pada 5-8 September 2023 dengan target populasi warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD).

Survei dengan RDD meraup sampel sebanyak 1.212 responden dan margin of error survei ±2.9 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca Juga :   Makan Malam Bersama Ganjar di Papua, Ketua PDIP Beri Sejumlah Pesan

Ganjar Unggul di Kalangan Gen Z dan Milenial

Mengutip hasil survei lembga lainnya, Ganjar juga memperoleh nilai tertinggi saat dihadapkan dengan pemilih muda yang terdiri dari kalangan Gen Z. Hal itu terpetakan oleh survei Ipsos Public Affairs yang dirilis beberapa waktu lalu.

“Ganjar Pranowo unggul di kalangan milenial (usia 25-39 tahun) dan Gen Z (usia 17-24 tahun). Sebab Ganjar sangat low profile, tidak kaku, dekat dengan semua masyarakat, mahasiswa dan pelajar,” kata Ketua Umum Angkatan Muda Ka’bah (AMK) Rhendika Harsono dalam keterangan terpisah.

Rhendika menilai Ganjar sangat paham bagaimana berkomunikasi dengan kalangan milenial dan GenZ.

bisa dilihat dari akun media sosial Gubernur Jawa Tengah itu memiliki pengikut di atas 6 juta dalam sosial medianya.

“Kalangan milenial dan Gen Z yang bisa dilihat di akun Instagram Ganjar memiliki follower 6,2 Juta ,” ujar Rhendika.

Selain itu, Ganjar sukses memimpin Jawa Tengah sebagai Gubernur selama dua periode.

Sebagai catatan, Survei Ipsos menyebutkan bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo unggul di kalangan Gen Z (17-24 tahun), yaitu sebesar 42,40%. Sementara itu, Prabowo Subianto sebesar 41,6% dan Anies Baswedan 16%.

Di kalangan milenial (25-39 tahun), Ganjar masih unggul sebesar 39,9%, lalu Prabowo 35,71%, dan Anies Baswedan 24,38%.

Sumber : Liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *