Politik

RI Lumbung Pangan Dunia, Prabowo Akan Ubah 20 Juta Hektare Rawa Jadi Sawah

MACANBOLA.NEWS – Bakal capres Prabowo Subianto menyampaikan komitmennya agar RI menjadi lumbung pangan atau food estate dunia. Prabowo pun membicarakan pihaknya telah memiliki teknologi memanfaatkan rawa menjadi sawah.

Prabowo mengatakan akan menghidupkan food estate dari tingkat kecamatan hingga nasional.

“Kemudian food estate. Ya jadi begini food estate sekarang kita mau Indonesia-kan istilahnya lumbung pangan ya. Lumbung pangan ini adalah konsep berakar di budaya bangsa Indonesia. Lumbung pangan desa, jadi yang kita mau bikin adalah hidupkan lagi lumbung pangan desa, lumbung pangan kecamatan, lumbung pangan kabupaten, lumbung bangan provinsi, dan lumbung pangan nasional,” kata Prabowo di acara Sarasehan 100 ekonom Indonesia di Menara Mega, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (8/11/2023).

Prabowo Optimis Akan Program RI Lumbung Pangan Dunia

Prabowo mengaku optimistis program itu akan terus berkembang hingga RI menjadi lumbung pangan dunia. “Dan nantinya saya sangat optimis kita sudah hitung, kita akan menjadi lumbung pangan dunia,” imbuhnya.

Kemudian, Prabowo membeberkan pihaknya telah memiliki teknologi untuk memanfaatkan rawa menjadi sawah. Dia mengatakan penerapan teknologi itu dalam program food estate sudah terlaksana selama ini.

“Ini sudah kita laksanakan, iya kan, jadi saudara-saudara kita punya kurang lebih 20 juta hektare rawa, 20 juta hektare rawa ya yang tidak termanfaatkan, hanya sumber malaria saja. Kita sekarang ada teknologinya, sudah pernah dilaksanakan di Sumatra Selatan, di Kalimantan Selatan ya, membuat sawah di rawa, membuat kebun jagung di rawa, ada teknologinya dan kita sudah laksanakan, dan jatuhnya lebih murah daripada sawah biasa dan masalah air tidak ada masalah,” imbuhnya.

Mantan Ketum HKTI ini menyebut RI memiliki jutaan hektare rawa yang bisa dimanfaatkan menjadi sawah. Apabila rawa-rawa itu berhasil diubah menjadi lumbung pangan, kata dia, RI bisa jadi pemasok pangan di dunia.

Baca Juga :   Prabowo Siap Debat Capres Perdana Besok, Gibran Mendampingi

“Jadi dengan kita manfaatkan kita sudah hitung kurang lebih 5-6 juta hektare rawa kita sudah swasembada pangan. Dan dengan lebih dari itu mungkin kita bisa nanti membantu negara-negara lain dengan pangan. Ini sangat-sangat possible kita sudah hitung tiga tahun ya, tiga tahun kita swasembada pangan, habis itu kita bisa jadi lumbung pangan dunia,” ujar Prabowo.

 

Sumber : Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *