Teknologi

Samsung Food Jadi Platform Pertama Samsung Berbasis AI

MACANBOLA.NEWS – Samsung telah meluncurkan platform berbasis AI atau kecerdasan buatan pertamanya tentang makanan dan resep masakan yang dinamai Samsung Food. Platform ini sudah tersedia di 104 negara di seluruh dunia.

Samsung Food akan memanfaatkan basis data makanan dari Whisk sebuah aplikasi yang telah diakuisisi Samsung pada tahun 2019. Dengan Samsung Food memungkinkan pengguna untuk mencari resep masakan di seluruh dunia, menyimpannya, dan membuat rencana makan mingguan

Jumlah Resep Bertambah

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini telah menyiapkan lebih dari 160.000 resep.  Tersedia delapan bahasa seperti bahasa Igggris, Spanyol, Korea, Jerman, Prancis dan Italia. Samsung mengatakan bahwa jumlah resepnya akan terus bertambah di masa mendatang.

Samsung Food juga dapat dijalankan di ponsel dan peralatan pintar Samsung Family Hub seperti lemari es, sekaligus memungkinkan pengguna untuk mengelola bahan makanan, belanja, dan lain-lain.

Aplikasi Berbasis AI

Pengguna dapat menyimpan resep kapan saja, dan aplikasi ini akan menganalisisnya, menstandardkan formatnya, dan mengaturnya untuk membuat daftar belanja berdasarkan bahan-bahannya.

Aplikasi ini juga dapat memberikan rekomendasi resep berdasarkan bahan makanan yang tersedia yang dikelola oleh pengguna. Aplikasi ini bahkan memiliki fungsi personalisasi resep yang menggunakan AI untuk mengubah resep masakan dan membuat versi vegan atau vegetarian, misalnya.

“Pengguna bahkan dapat membuat resep fusion, seperti masakan Italia versi Korea, dan menyesuaikan waktu memasak atau tingkat keahlian resep,” kata Samsung yang dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (6/9/2023).

Aplikasi ini menggunakan AI untuk membuat rekomendasi rencana makan harian yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi diet dan jenis masakan favorit. Perincian bahan nutrisi dapat dilihat kapan saja, dan pengguna dapat menambahkan item ke daftar belanja dan kemudian mengirimkannya langsung ke kasir e-commerce pengecer.

Baca Juga :   Spesifikasi dan Harga Oppo Pad 2 di Indonesia

Harapan Samsung

Samsung mengatakan bahwa mereka berharap untuk mendapatkan satu juta pengguna untuk aplikasi ini di seluruh dunia. Pasalnya, Samsung mungkin memiliki keunggulan dengan jutaan peralatan pintarnya yang terjual sehingga membuatnya lebih dikenal oleh konsumen.

Fitur-fitur baru, seperti integrasi dengan Samsung Health sedang diupayakan hadir di aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi ini akan menggabungkan teknologi visi AI pada tahun 2024.

Hal itu memungkinkan Samsung Food untuk mengenali item makanan melalui kamera dan memberikan detail seperti informasi nutrisi. Samsung Food sekarang tersedia untuk diunduh di Android dan iOS.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *