Teknologi

Samsung Kembangkan Teknologi Layar HP Tanpa Bingkai

MACANBOLA.NEWS – Samsung Display, pembuat panel OLED terbesar di dunia untuk smartphone, dikabarkan sedang menggarap konsep layar ponsel baru yang dinamai “All Around Full Screen”.

Konsep tersebut akan menghadirkan smartphone berpanel OLED tanpa bezel (tanpa bingkai layar). Samsung Display memang belum membeberkan inovasi ini secara resmi. Namun, informasi ini sudah beredar di internet setelah diumbar oleh seorang tipster alias pembocor gadget dengan handle @Tech_Reve di platform X (dulu Twitter).

Dalam unggahannya, ia melampirkan sebuah foto beberapa konsep layar smartphone, salah satunya All Around Full Screen. Konsep tersebut tampak menampilkan layar yang lebih luas dibanding konsep layar lainnya.

Layarnya tampak tidak ada bingkai, baik di sisi samping kanan dan kiri, maupun sisi atas dan bawah layar. Di bawah gambar tersebut, tertera beberapa poin kunci yang kemungkinan merujuk pada fitur yang diusung konep layar terbaru Samsung Display.

Pada teknologi “zero bezel”, disebutkan bahwa konsep layar tersebut akan dibekali fitur 3D lamination dan edge brightness control, yang kemungkinan berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar dari tepi bodi ponsel.

Layar tersebut juga diperkiakan akan mengusung teknologi “under panel camera” (UPC) dengan fitur high transmittance yang meningkat 50 persen, serta optimized pixel structure. Teknologi UPC alias kamera bawah layar ini sudah disematkan di ponsel lipat Samsung, seperti Galaxy Z Fold 4 dan Z Fold 5.

Belum diketahui apakah konsep ini bakal benar-benar diadopsi di smartphone ke depannya atau tidak. Kendati demikian, konsep ini seolah menjadi penyegaran untuk desain smartphone, terutama di bagian layar.

Sebab, beberapa smartphone di pasaran saat ini masih mengadopsi model melengkung di bagian sisi kanan dan kirinya saja. Smartphone dengan layar melengkung juga masih menyisakan sedikit bezel di keempat sisinya.

Baca Juga :   Pengisian Daya Cepat Galaxy S24 Mirip S23

Informasi soal konsep layar OLED tanpa bezel ini mencuat beberapa pekan setelah Apple dikabarkan meminta produsen layar iPhone, seperti LG dan Samsung, untuk mengembangkan zero-bezel display alias layar tanpa bingkai.

Menurut laporan outlet media The Elec, sebagaimana dihimpun dari Sam Mobile, panel OLED tanpa bezel ini akan digunakan untuk iPhone di masa yang akan datang.

Belum diketahui iPhone seri tahun berapa yang akan mengadopsi konsep layar tanpa bezel. Pastinya, pengembangan teknologi panel tanpa bezel, membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Jadi, iPhone tanpa bezel mungkin baru bisa ditemui dalam beberapa tahun ke depan. Tidak menutup kemungkinan, Samsung juga akan menghadirkan smartphone dengan layar OLED tanpa bezel.

Sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *