Teknologi

Sony Rilis PlayStation Portal, Perangkat Main PS5 dari Jarak Jauh

MACANBOLA.NEWS – Sony mengumumkan peluncuran perangkat terbaru mereka, PlayStation Portal remote player, perangkat yang sekilas mirip dengan PlayStation Portable (PSP).

Bedanya, PlayStation Portal bukan perangkat game khusus seperti PSP, yang produksinya dihentikan beberapa waktu lalu, atau PS Vita. Perangkat ini dihadirkan sebagai pendukung atau pelengkap dari konsol PS5.

“PlayStation Portal akan terhubung dari jarak jauh ke PS5 Anda melalui WiFi, sehingga Anda dapat dengan cepat berpindah dari bermain di PS5 ke PlayStation Portal,” ujar Hideaki Nishino, senior vice president of platform experience Sony Interactive Entertainment, mengutip The Verge, Kamis (24/8).

“PlayStation Portal dapat memainkan game yang didukung yang diinstal pada konsol PS5 Anda dan menggunakan kontroler Dualsense,” lanjut dia.

PlayStation Portal memiliki fitur kontroler yang menonjol di setiap sisinya yang terlihat sangat mirip dengan kontroler DualSense PS5 Sony. Kontroler ini mendukung pemicu adaptif dan umpan balik haptic, sehingga game PS5 akan terasa seperti menggunakan kontroler DualSense khusus.

Perangkat genggam ini terlihat seperti tablet yang terjepit di antara dua bagian pengontrol atau DualSense. Perangkat ini memungkinkan pengguna melakukan streaming game dari konsol PS5.

Jadi ketika orang lain menggunakan TV atau pengguna berada di ruangan lain (atau bahkan bepergian), mereka masih dapat bermain dari jarak jauh melalui WiFi tanpa harus menggunakan ponsel, tablet, atau komputer, mengutip Engadget.

PlayStation Portal memiliki layar LCD berukuran delapan inci yang menghadirkan visual 1080p pada 60 frame per detik. Perangkat ini juga mendapat manfaat dari fitur DualSense seperti umpan balik haptik dan pemicu adaptif.

Produk ini memiliki jack headphone 3.5mm, namun tidak tersedia koneksi Bluetooth. Pengguna harus menggunakan earbud atau headphone baru dari Sony, atau mencolokkan headset berkabel untuk merasakan sensasi audio yang lebih baik.

Baca Juga :   Model Terbaru GoPro Hero 12 Black, Bisa Terhubung AirPods dan Rekam Video 2,5 Jam

Gadget ini tidak akan bekerja dengan streaming cloud Sony yang akan datang untuk game-game PS5. Jadi, PlayStation Portal benar-benar merupakan cara untuk melakukan streaming game PS5 yang telah Anda instal di PS5 ke perangkat genggam untuk dimainkan dari jarak jauh.

Itu pun butuh koneksi internet minimal 5Mbps, dan Sony merekomendasikan 15Mbps untuk pengalaman terbaik.

IGN mendapat kesempatan untuk menguji PlayStation Portal lebih awal dan dalam video hands-on editor teknologi Bo Moore mengatakan bahwa ia tidak melihat ada latensi saat menggunakan perangkat ini.

Hal tersebut akan menjadi bagian penting dari pengalaman, karena streaming game melalui jaringan Wi-Fi masih belum menjadi pengalaman yang sempurna bagi banyak orang.

PlayStation Portal Remote Player akan terbit akhir tahun ini. Harganya US$200 (setara Rp3 juta) di AS, £200 (Rp3,8 juta) di Inggris, €220 (Rp3,6 juta) di seluruh Eropa, dan 29,980 Yen (Rp3,1 juta) di Jepang.

Sony belum mengumumkan tanggal resmi penjualan perangkat itu, namun diperkirakan mulai akhir tahun ini. Belum ada kepastian juga apakah perangkat ini akan dipasarkan di Indonesia.

Sumber : www.cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *