Berita TerbaruPolitik

Survei LSI Denny JA : Kedudukan Prabowo-Gibran 39,3%, Ganjar-Mahfud 36,9%, AMIN 15%

MACANBOLA.NEWS – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru terkait simulasi tiga pasangan bakal capres-cawapres. Bakal pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua pasangan lainnya dalam survei ini.

Hasil survei LSI Denny JA dirilis pada Selasa (24/10/2023) di mana periode survei dilakukan pada 4-12 September 2023. Metode penentuan responden menggunakan multi-stage random sampling dengan jumlah 1.200 responden.

Dalam survei LSI Denny JA ini, teknik pengumpulan data yang dipakai yakni wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei dinyatakan sebesar +- 2,9%. Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisis dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement, dan focus group discussion.

 

Simulasi 3 Pasangan

Responden diberikan pertanyaan: Bila pemilihan presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden dan wakil presiden di antara 3 nama-nama berikut?

Hasilnya, Prabowo-Gibran mendapat angka sekitar 39 persen. Pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies Baswedan masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming: 39,3%
Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 36,9%
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 15%
TT/TJ: 8,8%

Dijelaskan bahwa meski pasangan Prabowo-Gibran unggul namun jarak perolehannya tidak terlalu besar dengan pasangan Ganjar-Mahfud MD. Selisih keduanya hanya sebesar 2,4 persen. Namun pasangan Prabowo-Gibran unggul telah dari Anies-Muhaimin dengan jarak sekitar 24,3 persen.

Meski demikian, LSI Denny JA memberikan catatan bahwa semua bakal pasangan calon belum mencapai elektabilitas di atas 50%. Pilpres 2024 diprediksi berlangsung dalam dua putaran.

“Ketika tiga pasang yang maju sebagai calon dalam pilpres nanti, belum ada satu pun pasangan yang bisa memastikan diri menang dalam satu putaran. Artinya masing-maisng masih di bawah 50%,” kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas.

Baca Juga :   Ganjar Singgung 2 Survei Beda Hasil: Kami Paham Siapa yang Berkelompok

 

Sumber : Detik.com

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *