Teknologi

TCL 40 NxtPaper Meluncur dengan Teknologi Perlindungan Mata

MACANBOLA.NEWS – Khawatir tampilan digital yang kita gunakan sepanjang hari memberi tekanan ekstra pada mata, TCL meluncurkan teknologi tampilan NxtPaper beberapa tahun lalu.

Ini berfokus pada kenyamanan mata dan mengurangi silau (sebagai bonus tambahan, ini juga tahan terhadap sidik jari), dengan tetap mempertahankan warna-warna cerah.

Awal tahun ini perusahaan meluncurkan teknologi versi 2.0, namun hanya ada beberapa produk yang memilikinya – tiga tablet dan satu laptop konvertibel.

Kini perusahaan siap menghadirkan NxtPaper ke pasar smartphone. Faktanya, dua telepon.

TCL 40 NxtPaper

TCL 40 NxtPaper memiliki LCD 6,78” dengan kecepatan refresh 90Hz (FHD+, 20,5:9). Ada mode e-reader khusus yang mengaktifkan mode skala abu-abu untuk UI agar membaca lebih mudah dilihat.

Selain itu, Anda dapat menggunakan ponsel sebagai buku catatan dengan casing opsional yang dilengkapi stylus T-Pen.

Teknologi NxtPaper terdiri dari beberapa lapisan, salah satunya membuat penggunaan stylus terasa lebih mirip dengan menggunakan pena dan kertas asli.

Pokoknya ponsel yang ditenagai Helio G88 ini dipadukan dengan RAM 8 GB (dapat diperluas hingga 8 GB RAM virtual) dan penyimpanan 256 GB. Slot microSD tersedia jika Anda membutuhkan lebih banyak (slot tiga kartu, 2 SIM + 1 microSD).

Pengaturan tiga kamera mencakup modul utama 50MP (sensor 1/2,76”, piksel 0,64µm). Ia bergabung dengan kamera ultra lebar 5MP (115°) dan modul makro 2MP. Kamera di bagian depan memiliki sensor 32MP (1/3,45”, 0,65µm).

Kamera belakang dan depan utama dapat merekam video 1080p pada 30fps. TCL 40 NxtPaper tidak hanya sekedar untuk membaca dan mencatat, layarnya yang besar diapit oleh speaker stereo berteknologi DTS 3D Boom Sound. Ada juga jack headphone 3,5 mm.

Baca Juga :   Mitos atau Fakta, iPhone Tidak Bisa Diretas? Begini Penjelasannya

Ponsel ini mendukung pengisian cepat 33W (USB-PD 3.0) untuk baterai 5.010mAh. 50% dicapai dalam waktu sekitar setengah jam, pengisian penuh membutuhkan waktu 100 menit. Perhatikan bahwa pengisi daya 33W dan kabel USB-C 2.0 disertakan dalam kotak.

TCL 40 NxtPaper 5G

Seperti namanya, TCL 40 NxtPaper 5G juga menggunakan teknologi tampilan nyaman mata milik perusahaan yang kini dipadukan dengan 5G.

Namun layarnya lebih kecil, 6,6” dan hanya beresolusi HD+ (20:9). Namun, ini masih berjalan pada 90Hz dan juga mendukung T-Pen.

Fitur NxtPaper standar memungkinkan ponsel menyesuaikan suhu warna layar sesuai dengan cahaya sekitar.

Fokusnya di sini adalah menyediakan konektivitas generasi berikutnya dengan harga yang wajar. Chipset Dimensity 6020-nya masih dipasangkan dengan penyimpanan 256GB, namun kapasitas RAM-nya dikurangi menjadi 6GB (+6GB virtual).

Slot kartu gandanya bisa menerima dua SIM atau satu SIM plus satu kartu microSD. Kedua ponsel hadir dengan Android 13 (dengan NxtPaper UI).

Mereka akan menerima setidaknya satu pembaruan OS dan patch keamanan setidaknya selama dua tahun (mungkin lebih banyak lagi, namun hal ini akan ditentukan di masa mendatang).

Kapasitas baterainya 5.000mAh dengan dukungan pengisian daya 15W. Namun, paket ritelnya hanya dilengkapi dengan kabel, jadi Anda harus menggunakan kabel Anda sendiri.

Model 5G masih menawarkan tiga kamera termasuk modul utama 50MP (1/2,76”, 0,64µm). Ada juga kamera makro 2MP dan sensor kedalaman 2MP di bagian belakang. Namun, kamera selfienya dipadankan kembali menjadi sensor 8MP.

Kamera depan dan belakang dibatasi hingga 1080p pada perekaman video 30fps. Seperti model 4G, ponsel ini memiliki pembaca sidik jari yang terpasang di tombol dayanya. Namun yang satu ini tidak memiliki jack 3,5 mm dan hanya terdapat satu speaker.

Baca Juga :   Tablet Murah Redmi Pad SE Bakal Masuk Indonesia 5 September, Ini Bocoran Spesifikasinya

Harga Ponsel

Kedua ponsel NxtPaper akan tersedia di toko “hanya dalam beberapa minggu”. TCL 40 NxtPaper akan berharga €200 atau setara Rp3,4 juta dan akan tersedia di Eropa bulan depan dengan rencana untuk diluncurkan di lebih banyak wilayah pada akhir tahun ini.

TCL 40 NxtPaper 5G akan dijual dengan harga €250 atau sekitar Rp4,2 juta dan akan hadir di Eropa pada bulan Oktober. Sekali lagi, TCL berencana untuk menyediakannya di lebih banyak wilayah di seluruh dunia pada akhir tahun 2023, namun rencana tersebut akan diumumkan kemudian.

Sumber : Selular.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *