Politik

TNI Tegaskan Netralitas di Pemilu 2024, Minta Setop Penyebaran Hoax

MACANBOLA.NEWS – Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar, menegaskan netralitas TNI tidak perlu diragukan lagi. Ia mengatakan netralitas TNI pada Pemilu 2024 sudah final.

“TNI memegang teguh Netralitas TNI pada Pemilu 2024, itu sudah final,” ujar Kapuspen TNI, Nugraha Gumilar, dalam keterangannya, Senin (8/1/2024).

Selain itu saat ini TNI juga telah meluncurkan Posko Pengaduan Netralitas TNI sejak penghujung tahun 2023. Nugraha menyebut sesuai arahan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, netralitas TNI harga mati.

“TNI koridornya sudah jelas bahwa Netralitas TNI harga mati, sebagaimana yang disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada berbagai kesempatan. TNI mengharapkan Pemilu 2024 dilaksanakan secara aman dan damai, perintah Panglima TNI terkait netralitas sudah sangat jelas dan sudah disampaikan kepada seluruh prajurit, apabila ada pelanggaran terkait pelaksanaan perintah tersebut pasti ada sanksi yang tegas,” katanya.

Nugraha juga menjelaskan arahan Panglima TNI agar jajarannya menahan diri agar tidak terprovokasi dan tidak mudah diadu domba oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Nugraha mengatakan Panglima TNI juga memerintahkan anggota TNI untuk mengedepankan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial dalam pelaksanaan tugas di masyarakat.

“Kepada seluruh prajurit TNI dimanapun berada, jaga Netralitas TNI, jaga keamanan dan kedamaian, bantu dan jadikanlah dirimu sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan masyarakat di lingkungan sekitar tempat tugas masing-masing,” ujar Nugraha.

Nugraha juga menghimbau seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan Pemilu 2024 dengan aman dan damai, saling menjaga keamanan, ketertiban di masyarakat. Ia juga meminta agar semua pihak menghentikan penyebaran berita hoax.

“Stop penyebaran berita bohong (hoax), saling menghormati dan menghargai antar elemen bangsa sebagaimana budaya luhur bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Baca Juga :   Klarifikasi Ria Ricis soal Pembagian Jadwal Asuh Anak dengan Teuku Ryan

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *