KesehatanViral

Viral Minum Vitamin C 1000 Mg Biar Tak Ngantuk, Pakar Farmasi Bilang Gini

MACANBOLA.NEWS – Belakangan ramai soal vitamin C 1000 mg disebut-sebut bisa membuat seseorang terhindar dari rasa kantuk seharian. Konon menjadi ‘dopamin’ di tengah aktivitas padat seharian.
“Bjir aku ga nyangka kekuatan vit c 1000mg bakalan bikin aku melek dari pagi tanpa tidur tanpa capek, full gerak seharian tanpa nguap, i love u vit c, sungkeeeeem,” demikian cuitan viral di media sosial X, seperti yang dilihat detikcom Kamis (22/9/2023).

Pakar farmasi Prof Zullies Ikawati dari Universitas Gadjah Mada ikut berkomentar. Penggunaan vitamin C sebenarnya disebut Prof Zullies tidak untuk memberikan efek demikian.

Terlebih, vitamin C dengan dosis 1000 mg biasa diberikan saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

“Pada kondisi sakit, kekurangan asupan vitamin C dari makanan, defisiensi vitamin C, orang bisa membutuhkan lebih banyak vitamin C. Maka mengonsumsi dosis 500 mg dan 1000 mg,” tuturnya

Prof Zullies menyebut kemungkinan plasebo di balik munculnya anggapan kaitan mencegah rasa ngantuk dengan konsumsi vitamin C.

“Iya, bisa karena sugesti, karena vitamin C memang meningkatkan imun, jadi rasanya bugar,” sambungnya.

Adakah Batas Mengonsumsi Vitamin C dalam Sehari?

Secara umum, tubuh masih bisa mentoleransi asupan vitamin C saat mengonsumsi lebih dari batas normal. Terlebih, vitamin C disinggung Prof Zullies menjadi vitamin yang mudah larut dalam air. Jika berlebih, otomatis akan terbuang melalui urine.

“Tingkat asupan atas yang dapat ditoleransi atau jumlah maksimum yang dapat dikonsumsi dalam sehari yang kemungkinan besar tidak membahayakan adalah 2000 mg sehari untuk orang dewasa,” beber Prof Zullies.

Sumber : Detik.com

Baca Juga :   3 Update Terkini Kasus Bayi Tertukar di Bogor, Polisi Dalami Kelalaian RS hingga Siapkan Rumah Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *