Teknologi

YouTube Uji Coba Fitur Unik untuk Cari Judul Lagu

MACANBOLA.NEWS – YouTube sedang menguji coba cara unik bagi pengguna untuk mencari judul lagu yang sulit diingat tapi nadanya terngiang-ngiang di telinga. Fitur baru itu memungkinkan pengguna mencari judul lagu hanya dengan bersenandung.

Dalam halaman dukungan YouTube, aplikasi berbagi video itu sedang bereksperimen dengan fitur search-by-song di aplikasi Android. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mencari judul lagu di YouTube dengan bersenandung, menyanyi, atau merekam sebagian lagu.

Fitur ini sudah mulai diuji coba secara terbatas dan melibatkan segelintir pengguna. Google selaku pemilik YouTube mengatakan fitur ini digulirkan kepada sebagian kecil pengguna di seluruh dunia yang menonton YouTube di perangkat Android.

Pengguna yang sudah terpilih mengikuti uji coba ini bisa mengakses eksperimen tersebut dengan mengubah fitur pencarian menggunakan suara di YouTube menjadi fitur pencarian lagu. Setelah itu cukup senandungkan nada lagu yang dicari, nyanyikan, atau rekam lagu selama tiga detik atau lebih.

Setelah itu, YouTube akan mengenali lagu yang dicari dan mengarahkan pengguna ke video yang berisi lagu tersebut, mulai dari video resmi, konten buatan pengguna, atau Shorts, seperti dikutip dari TechCrunch, Minggu (27/8/2023).

Eksperimen terbaru dari YouTube ini sebenarnya bukan hal yang baru. Pada tahun 2020 lalu, Google juga meluncurkan fitur pencari lagu serupa di aplikasi Google, widget Google Search, dan Google Assistant.

Bedanya, fitur pencarian lagu di YouTube bisa mengidentifikasi lagu dengan lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu tiga detik atau lebih. Sementara itu fitur pencari lagu di Google mengharuskan pengguna bersenandung selama 10-15 detik.

Seperti yang dijelaskan oleh Google sebelumnya, fitur pencari lagu ini dibuat menggunakan model machine learning yang bisa mencocokkan senandung pengguna dengan ‘sidik jari’ atau melodi lagu yang khas. Fitur yang sedang diuji coba oleh YouTube juga menggunakan teknologi yang sama.

Baca Juga :   Vivo V29 5G Bakal Rilis di Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasinya

Saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang fungsi utamanya membantu pengguna mencari judul atau lirik lagu. Selain YouTube dan Google, ada juga SoundHound, MusixMatch, dan Shazam yang menawarkan fitur serupa.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *